Sekda Salatiga Fakruroji: Penyelesaian Stunting Perlu Kerjasama

Masalah stunting dan jaminan kesehatan nasional seharusnya menjadi perhatian bersama di Salatiga.

Sekda Salatiga Fakruroji: Penyelesaian Stunting Perlu Kerjasama
IST
Peserta karnaval memperingati Hari Kesehatan Nasional 2019 di halaman Pemkot Salatiga, Jumat (15/11/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Masalah stunting dan jaminan kesehatan nasional seharusnya menjadi perhatian bersama.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Salatiga Fakruroji dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 di halaman Pemkot Salatiga, Jumat (15/11/2019).

Menurut Sekda dalam penyelesaian masalah kesehatan tidak hanya diperlukan penanganan yang baik sehingga berdampak bagi kesehatan masyarakat kedepan.

Beragamnya isu yang berkaitan dengan kesehatan juga harus segera diselesaikan.

"Saya kira tidak hanya stunting dan jaminan kesehatan nasional saja yang perlu perbaikan. Tetapi tingginya harga obat dan alat kesehatan serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri juga musti menjadi prioritas penyelesaian," terangnya kepada Tribunjateng.com.

Di luar stunting, upaya menurunkan angka kematian ibu dan anak serta cakupan imunisasi dan angka TB juga harus diperhatikan.

Semua masalah kesehatan itu bisa menyebabkan stunting.

Meski angka stunting secara nasional berhasil turun hampir 10 persen, pemerintah dan pelaku kesehatan harus senantiasa responsif dalam memecahkan beragam masalah kesehatan masyarakat.

"Karena itu pada momen Hari Kesehatan ini pembangunan kesehatan ditekankan pada dua penguatan yakni optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan. Itu perintah pusat dan saya harap Pemkot Salatiga selalu siap,"katanya

Dikatakannya pembangunan kesehatan dalam jangka lima tahun kedepan selain melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dan Nusantara Sehat merupakan terobosan yang baik bagi masyarakat untuk segera dilaksanakan.

Halaman
12
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved