Anggaran Kementerian LHK Rp 2,7 Triliun untuk Tanam Pohon Ratusan Ribu Hektare

Untuk perbaikan lingkungan, Kementerian LHK mendapatkan dukungan hampir sebesar Rp 2,7 triliun melalui APBN.

Anggaran Kementerian LHK Rp 2,7 Triliun untuk Tanam Pohon Ratusan Ribu Hektare
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menanam pohon di Desa Dukuh Tengah, Bojong, Kabupaten Tegal, Sabtu (16/11/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar bersama Wakil Menteri Alue Dohong meninjau tempat pembibitan pohon di Desa Dukuh Tengah, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Sabtu (16/11/2019) siang.

Siti Nurbaya melihat langsung berbagai jenis pohon yang siap tanam untuk program Rehabilitasi Hutan dan Hahan (RHL) di wilayah Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Pemali-Jratun.

"Saya ingin mengonfirmasi bagaimana situasi, cara-cara atau teknik persemaian. Karena perintah presiden, bahwa kita harus melakukan upaya pemulihan lingkungan dengan cara memperbaiki cover, tanaman vegetasi sebanyak sepuluh kali lipat dari biasanya," Kata Siti Nurbaya kepada Tribunjateng.com seusai peninjauan.

Untuk perbaikan lingkungan ini, Kementerian LHK mendapatkan dukungan hampir sebesar Rp 2,7 triliun dari APBN.

Anggaran sebesar itu diperuntukan demi penanaman pohon secara besar-besaran di seluruh indonesia.

"Dari dana yang bersumber dari APBN, kita bisa menanam sampai 23.000 hektare per tahun. Padahal, kebutuhannya dari analisis dampak perubahan iklim, seharusnya kita tanam 800 ribu hektare. Tapi kata presiden, kita coba dulu 10 kali lipat dari angka 23 ribu, jadi 230 ribu hektar," papar dia.

Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Pemali - Jratun, Rochmah Nugrahini mengatakan jumlah bibit untuk program RHL di tempat persemaian Desa Dukuh Tengah mencapai 724.019 batang.

Jenis pohon yang ditanam antara lain adalah pinus oocarpa sebanyak 500.000 batang, sengon buto 20.248 batang, puspa 11.981 batang, nangka 95.617 batang, dan cengkeh 96.173 batang.

"Bibit pohon yang ada di Persemaian Dukuh Tengah ini untuk program RHL di kawasan hutan lindung wilayah KPH Pekalongan Barat. Di sini, kita menargetkan lahan seluas 1.371 hektar. Sedangkan untuk bibit macadamia sebanyak 32.000 batang ditanam di Desa Igir Klanceng, Sirampog, Brebes dan untuk warga di sekitar Dukuh Tengah, Kecamatan Bojong," tandasnya. (Tribunjateng/gum)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved