Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga, PKK Kabupaten Pekalongan Dilatih Olah Ikan

Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Munafah Asip Kholbihi mengatakan peningkatan dan pengembangan pengolahan ikan menjadi produk unggulan

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: muslimah
Istimewa
Ketua PKK Kabupaten Pekalongan saat memberikan sambutan dipelatihan pembuatan oleh-oleh khas Pekalongan berbahan dasar ikan di BLK Kabupaten Pekalongan. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga, PKK Kabupaten Pekalongan dilatih mengolah ikan menjadi beberapa camilan sehat yang akan dijual sebagai oleh-oleh khas dari Kabupaten Pekalongan.

Sebanyak 50 anggota PKK dari Kecamatan Wonokerto sebagai wilayah penghasil ikan serta anggota PKK Kabupaten Pekalongan mengikuti pelatihan yang digelar di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Pekalongan, Senin (18/11/2019).

Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Munafah Asip Kholbihi mengatakan peningkatan dan pengembangan pengolahan ikan menjadi produk unggulan.

Sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

Selain itu, pihaknya juga memaparkan wilayah Kecamatan Wonokerto memiliki potensi sektor perikanan yang cukup besar, antara lain berupa komoditas ikan yang berasal dari hasil tangkapan dan budidaya ikan.

"Wilayah tersebut juga ditunjang dengan potensi wisata pantai yang menurut saya merupakan peluang besar untuk mengembangkan desa sebagai lokasi kuliner," kata Munafah.

Menurutnya pengolahan makanan dengan berbahan dasar ikan, sangat potensial dijadikan sebagai usaha kuliner.

Kemudian, hal ini juga bisa dikembangkan menjadi salah satu produk unggulan olahan makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh atau buah tangan dari Kabupaten Pekalongan.

"Untuk itu Dinas Kelautan dan Perikanan bersama dengan Dinas PM PTSP Naker Kabupaten Pekalongan serta BLK mengadakan pelatihan pembuatan oleh-oleh khas Pekalongan berbahan dasar ikan," tutur Munafah.

Pelatihan Ini, diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan keterampilan serta memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat.

"Disamping itu, sebagai sarana untuk meyakinkan masyarakat bahwa mengkonsumsi ikan dapat dilakukan melalui beberapa cara pengolahan, diversifikasi olahan serta penyajian dan menciptakan cita rasa yang dikemas secara baik sehingga mampu mempunyai nilai tambah," jelasnya.

Sementara itu, Kabid Perikanan Tangkap dan Masyarakat Pesisir, Hadi Ali Mukharop menjelaskan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mengolah hasil perikanan, memperkenalkan keanekaragaman (diversivikasi) masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi, manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan, serta meningkatkan pemahaman tentang pentingnya gizi yang terkandung dalam ikan dan membudayakan makan ikan.

Materi pelatihan berupa teori dan praktek pengolahan ikan menjadi produk berupa kerupuk ikan nila, steak ikan lele dan pilus Ikan Lele yang disampaikan oleh Tim Dinlutkan Kabupaten Pekalongan. (*)

Sumber: Tribun Jateng
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved