59 Desa di Jepara Diintai Banjir, BPBD Minta Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Saluran Air

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara mendata ada 59 desa yang tersebar di 12 kecamatan diintai bencana banjir

59 Desa di Jepara Diintai Banjir, BPBD Minta Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Saluran Air
tribunjateng/dok
ILUSTRASI 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara mendata ada 59 desa yang tersebar di 12 kecamatan diintai bencana banjir. Paling rawan yakni berada di Kecamatan Welahan

Kepala BPBD Jepara, Arwin Nor Isdiyanto mengatakan, di Kecamatan Welahan terdapat 10 desa yang rawan banjir karena letaknya berada di aliran sungai SW.

Desa-desa tersebut meliputi Desa Welahan, Ujung Pandan, Karanganyar, Ketilengsingolelo, Kedungsari Mulyo, Bugo, Gedangan, Brantak Sekartaji, Sidigede, dan Kendeng Sidialit.

"Yang paling rawan banjir selain itu yakni Kecamatan Jepara Kota. Sebanyak delapan kelurahan dan satu desa rawan yang banjir. Yaitu Kelurahan Jobokuto, Ujungbatu, Kauman, Bulu, Pengkol, Panggang, Saripan, Dema’an, dan Desa Karangbagusan," kata Arwin, Rabu (20/11/2019).

Setelah Walahan dan Jepara Kota, Kecamatan lain yang juga digarisbawahi karena kerawanannya atas banjir, yaitu Kecamatan Kedung dan Mayong.

Di dua kecamatan itu masing-masing terdapat delapan desa rawan banjir.

"Delapan kecamatan lainnya yang masuk catatan rawan banjir yaitu Donorojo, Kembang, Mlonggo, Tahunan, Batealit, Pecangaan, Kalinyamatan, Nalumsari, dan Karimunjawa," jelas Arwin.

Untuk mengantisipasi ancaman banjir, pihaknya meminta kepada masing-masing pemerintah desa yang rawan banjir agar menggerakkan gotong royong membersihkan saluran air.

Sebab, banjir yang sejauh ini kerap melanda, terjadi karena saluran air yang tersumbat sampah.

Kemudian, kata dia, pihaknya juga telah menyiapkan karung untuk memperbaiki tanggul yang jebol. Pihaknya juga akan membuat posko pemantauan banjir di wilayah rawan.

"Kami belum menerima laporan terkait tanggul jebol," katanya. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved