Polda Jateng dan Polres Brebes Terima Penghargaan dari Muri atas Pembagian 1.000 Kotak P3K

Jadi jika ada kejadian kecelakaan atau apa, bisa langsung berikan pertolongan pertama

Polda Jateng dan Polres Brebes Terima Penghargaan dari Muri atas Pembagian 1.000 Kotak P3K
Tribunjateng.com/M Zaenal Arifin
Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyono, menerima piagam penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) dari senior manager MURI, Aryani Siregar (kiri), di halaman Mapolres Brebes, Kamis (21/11/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Polda Jateng dan Polres Brebes menggelar bhakti sosial berupa pembagian 1.000 kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) kepada seluruh Kades dan Kadus se-Kabupaten Brebes di halaman Mapolres Brebes, Kamis (21/11/2019).

Atas pembagian 1.000 kotak P3K tersebut, Kapolda Jateng yang diwakili Kabid Dokkes Polda Jateng Kombes Pol Tri Yuwono Putra dan Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono, memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri). Penghargaan diserahkan oleh Senior Manager MURI, Aryani Siregar.

Kapolda Jateng melalui Kabid Dokkes Kombes Pol Tri Yuwono Putra mengatakan, pemecahan rekor Muri dengan membagikan ribuan kotak P3K itu tidak lain sebagai bentuk kampanye pentingnya penanganan pertama jika terjadi kecelakaan.

Sehingga, korban yang mengalami luka nantinya bisa langsung tertangani tanpa harus menunggu bantuan medis datang. Tak hanya itu, jika ada masyarakat yang mengalami luka di jalan karena jatuh juga bisa langsung mendapat pertolongan pertama.

"Kita harapkan pemberian kota P3K ini bisa dimanfaatkan oleh para penerima. Jadi jika ada kejadian kecelakaan atau apa, bisa langsung berikan pertolongan pertama," kata Tri Yuwono.

Tri Yuwono menuturkan, penghargaan yang diterima tersebut diharapkan menjadi motivasi bagi Polres maupun instansi lain agar ikut memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat.

"Jadi kepedulian ke masyarakat itu tidak hanya ala kadarnya tapi harus berikan yang luar biasa," jelasnya.

Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyono menambahkan, pembagian kotak P3K tersebut tak lain sebagai bentuk kepedulian dan pelayanan kepada masyarakat. Yang mana, pelayanan masyarakat menjadi fungsi utama kepolisian.

Dalam hal ini, pelayanan masyarakat yang diberikan adalah mengedukasi penanganan pertama pada kecelakaan. Tak hanya kecelakaan kendaraan bermotor saja, tetapi kotak P3K yang diberikan juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk penanganan pertama jika ada masyarakat yang terluka.

"Jadi kalau luka kecil, lecet lecet, tak perlu dibawa ke Puskesmas atau rumah sakit. Bisa langsung diberikan obat dari P3K itu," tambahnya.

Bahkan dalam hal pelayanan di bidang kesehatan, Polres Brebes berencana mendirikan rumah sakit pada 2020 mendatang. Aris berharap, rencana tersebut mendapat dukungan dari semua pihak agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat semakin maksimal.

Terkait penghargaan MURI, Senior Manager Muri, Aryani Siregar mengungkapkan, bhakti sosial pembagian kotak P3K oleh Polda Jateng, Polres Brebes dan Yayasan Putra Peduli kepada Kades dan Kadus se Kabupaten Brebes tercatat lebih dari 1.000 kotak.

"Pembagian kotak P3K terbanyak kepada masyarakat melalui Kades dan Kadus terhitung lebih dari 1.000 kotak. Karena itu, pembagian ini tercatat dalam rekor MURI dengan nomor 9.305," kata Aryani.

Lebih lanjut dikatakan, penghargaan ini merupakan yang ketiga kalinya bagi Polres Brebes. Sebelumnya, Polrea Brebes pernah dua kali menerima penghargaan Muri pada 2016 dan 2017.

Penghargaan pertama pada 2016 diterima atas prakarsa Polres Brebes mengadakan safety riding dan driving dengan jenis kendaraan terbanyak. Sedangkan penghargaan kedua diperoleh pada 2017 sebagai pemrakarsa perpustakaan motor keliling terbanyak. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved