Raih Predikat Baik dalam Pelayanan Publik dari Kemenpan-RB, Kapolres Salatiga Mengaku Belum Puas

Polres Salatiga berhasil meraih penghargaan dengan predikat baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Raih Predikat Baik dalam Pelayanan Publik dari Kemenpan-RB, Kapolres Salatiga Mengaku Belum Puas
istimewa
Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono menunjukkan piagam penghargaan dari Kemenpan-RB, Rabu (20/11/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Polres Salatiga berhasil meraih penghargaan dengan predikat baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penyerahan penghargaan sendiri dirangkai dengan evaluasi kinerja tahunan bagi penyelenggara pelayanan publik yang dipimpin langsung Menpan-RB Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Rabu (20/11/2019) malam.

Atas capaian itu Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono dalam keterangan tertulis mengaku belum puas atas hasil yang diraih meski dapat dibilang jauh lebih baik ketimbang periode sebelumnya.

"Kalau ditanya bangga ya bangga. Karena apa yang kami kerjakan berdampak. Apalagi tidak semua polres di panggil untuk menerima penghargaan ini. Tapi masih belum puas ya kan ada catatan dari Kemenpan," terangnya dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Rabu (20/11/2019).

Pelayanan Publik Dinilai Baik, Polres Salatiga Terima Penghargaan IKM 2019

Menyaru Anggota Polres Salatiga, Tugasnya Sita Paksa Kendaraan Nasabah Finance, Dibayar Rp 1 Juta

AKBP Gatot menyampaikan kepada segenap anggota Polres Salatiga diminta untuk tidak berbangga diri dan cepat puas atas penghargaan tersebut. Tapi kata dia, agar lebih memotivasi diri serta berusaha lebih baik kedepannya.

Ia menambahkan, prestasi yang diraih tidak terlepas dari peran serta segenap masyarakat Kota Salatiga. Karenanya acuan penilaian terhadap pelayanan publik yang diberikan Polres Salatiga berdasarkan pendapat masyarakat.

"Dari total sekira 469 polres se-Indonesia hanya di pilih untuk menerima penghargaan sejumlah 240 saja. Dan puji syukur alhamdulillah kami dari Polres Salatiga masuk diantara 240 polres penerima," katanya

Menurut Kapolres Salatiga terdapat sebanyak 14 komponen standar pelayanan yang dinilai oleh Kemenpan-RB diantaranya mulai dari, persyaratan, sistem, mekanisme dan prosedur, jangka waktu pelayanan, biaya, produk pelayanan, penanganan pengaduan, saran dan masukan.

Kemudian lanjutanya adapula dasar hukum, sarana prasarana, kompetensi pelaksana, pengawasan internal, jaminan pelayanan, keamanan, keselamatan pelayanan dan evaluasi kinerja pelayanan.

"Penilaian Kemenpan RB mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Kemenpan RB melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik khususnya Polri,"jelasnya

Kasat Intel Polres Salatiga Iptu Mochamad Bisri merinci beberapa hal inovasi pelayanan yang telah berjalan antara lain adanya ruang menyusui untuk setiap SPKT baik di polres maupun polsek. Bagi warga berkebutuhan khusus atau difabel juga disediakan kursi roda termasuk toilet tersendiri.

"Untuk pengurusan SKCK kami menyediakan loket pelayanan dengan nomor antrian. Penambahan fasilitas hiburan berupa TV dan adanya kotak saran serta pendingin ruangan. Bagi yang suka membaca buku kami sediakan taman baca. Jadi sambil menunggu bisa melakukan aktivitas lain," ucapnya

Sedangkan pada unit Satuan Lalulintas (Satlantas) Kasatlantas Polres Salatiga AKP Heri Sumiarso menyebutkan Polres Salatiga membuka layanan pembuatan SIM di malam hari bagi warga. (ris)

Caption: Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono menunjukkan piagam penghargaan dari Kemenpan-RB, Rabu (20/11/2019). (Istimewa)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: Daniel Ari Purnomo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved