Ngopi Pagi

FOKUS : Ongkos Ngobrol (Sendiri)

SEKADAR "mendengar" sepertinya hal gampang. Cukup bermodal telinga, yang secara kodrati senantiasa terbuka. Kecuali, ada gangguan fisik atasnya.

FOKUS : Ongkos Ngobrol (Sendiri)
tribunjateng/bram
Achiar Permana wartawan tribun jateng 

Oleh Achiar M Permana

Wartawan Tribun Jateng

SEKADAR "mendengar" sepertinya hal gampang. Cukup bermodal telinga, yang secara kodrati senantiasa terbuka. Kecuali, ada gangguan fisik atasnya.

Nyatanya, tindakan yang seolah gampang itu, sesungguhnya sangat tidak mudah dilakoni. Banyak orang yang mungkin pandai bicara, piawai berolah kata, tetapi ternyata tidak cukup terampil manakala bertindak sebagai "pendengar".

Selain telinga sebagai modal awal, seorang pendengar yang baik memerlukan ketulusan untuk memperhatikan orang lain. Penghargaan terhadap orang lain. Respek pada liyan. Nilai yang tinggi dalam "listening quotient" bisa menjadi modal untuk menapak kesuksesan. Sebaliknya, kegagalan dalam mendayagunakan keterampilan mendengarkan, bisa berakibat fatal.

Kelly Wearstler, seorang desainer asal Amerika Serikat yang dikenal dengan julukan "the presiding grande dame of West Coast interior design" menyatakan, "The single most important key to success is to be a good listener." Ya, mengamini Wearstler, kunci keberhasilan terpenting adalah menjadi pendengar yang baik.

"Sampean thik pinter men leh, Kang. Sunatem ning ngendi?" tiba-tiba Dawir, sedulur batin saya nyeletuk.

Seorang AKBP Asep Darmawan mendapatkan pelajaran berharga perihal "keterampilan mendengarkan". Dia harus membayar mahal untuk ongkos ngobrol (sendiri).

Ongkos yang sangat mahal untuk kegagalan mengaplikasikan listening skill. Perwira lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1998 itu harus kehilangan kursi Kapolres Kampar, Provinsi Riau, yang baru dua bulan didudukinya.

Asep dicopot dari jabatannya, 18 November 2019 lalu, dan dimutasi ke Pelayanan Markas (Yanma) Polri. Yanma Polri umum dikenal menjadi tempat para polisi yang sedang menunggu atau menjalani pemeriksaan lantaran tersandung masalah.

Halaman
12
Penulis: achiar m permana
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved