Jelang Puncak Musim Hujan, DLH Jepara Pangkas Pohon Rawan Tumbang

Biasanya, awal musim hujan acap kali terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Tentu, keberadaan pohon besar nan tua akan membahayakan

Jelang Puncak Musim Hujan, DLH Jepara Pangkas Pohon Rawan Tumbang
Tribunjateng.com/Rifqi Gozali
Sejumlah petugas Dinas Lingkungan Hidup tengah memangkas pohon di Jalan Ki Mangunsarkoro Jepara, Jumat (22/11/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Sejumlah pohon yang besar dan tua dipangkas oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara, Jumat (22/11/2019). Hal ini guna mengantisipasi terjadinya pohon tumbang saat musim hujan.

Menurut Kepala DLH Jepara, Farikha Elida, kegiatan ini rutin dilakukan setiap menjelang musim hujan.

Biasanya, awal musim hujan acap kali terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Tentu, keberadaan pohon besar nan tua akan membahayakan ketika diterjang angin kencang.

"Pemangkasan dilakukan sejak beberapa pekan yang lalu. Pemangkasan pohon dimulai dari kawasan Pasar Jepara Satu, Jalan Sutomo, dan Jalan Ki Mangunsarkoro," kata Farikha.

Selain pohon yang berada di Jepara Kota, pihaknya juga menyisir pohon yang ada sejumlah titik di Kabupaten Jepara. Misalnya di Desa Kedung, Bawu, dan Bandengan. Pemangkasan di sejumlah titik juga dilakukan oleh pihaknya lantaran permintaan warga.

"Pohon yang menggangu jaringan listrik juga kami pangkas, supaya tidak membahayakan," jelasnya.

Sementara, Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi mengatakan, dia meminta kepada seluruh organisaso perangkat daerah supaya siap menghadapi musim hujan. Kemudian, untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) misalnya, bisa segera menyelesaikan proyek infrastruktur sebelum puncak musim hujan tiba.

"Tidak hanya OPD, setiap camat juga harus siap siaga. Mereka harus memantau lingkungannya, karena saat musim hujan beragam penyakit biasanya juga muncul," kata dia.

(*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved