6.000 Suket Siap Cetak di Kudus, Tapi Blanko Masih Kurang

Di Kabupaten Kudus terdapat sekitar 6.000 data KTP-el yang masuk dalam data Print Ready Record (PRR) atau siap cetak

6.000 Suket Siap Cetak di Kudus, Tapi Blanko Masih Kurang
Tribunjateng.com/Rifqi Gozali
Lobi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kudus 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Di Kabupaten Kudus terdapat sekitar 6.000 data KTP-el yang masuk dalam data Print Ready Record (PRR) atau siap cetak. Namun, jumlah tersebut berbanding terbalik dengan stok blanko yang ada.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus, Putut Winarno mengatakan, selama beberapa bulan terakhir pihaknya hanya menerima 500 blanko KTP-el dari pemerintah pusat. Jumlah tersebut sudah pasti kurang jika melihat banyaknya surat keterangan (suket) pengganti KTP-el yang sudah diterbitkan.

"Kalau suket yang diterbitkan sudah sekitar 17.000. Sedangkan data yang siap cetak, atau PRR, sekitar 6.000," kata Putut Winarno, Selasa (26/11/2019).

Dia mengatakan, kebutuhan blanko KTP-el sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat. Sejauh ini, pihaknya acap kali mengalami kekurangan.

"Pernah kami menerima sebulan 20.000 blanko. Tapi kalau beberapa bulan terakhir 5.00 blanko per bulan," kata dia.

Perbandingan jumlah stok blanko dengan data siap cetak terkesan jomplang. Apalagi, setiap hari terdapat warga yang melakukan perekaman. Kontan, kebutuhan akan blanko akan semakin membengkak.

"Memang tidak pasti stok blanko yang dikirim pemerintah pusat. Tidak rata. Katanya sesuai kebutuhan," ujar Putut.

Sementara, Plt Kepala Disdukcapil Kudus, Eko Hari Djatmiko mengatakan, dalam pencetakan KTP-el dilakukan ketika tersedia blanko. Sedangkan, sejauh ini KTP-el yang sudah dicetak terakhir yakni dari suket yang diterbitkan pada 10 Juli 2019. Jika terdapat stok blanko tambahan, maka pihaknya akan kembali mencetak sesuai dengan urutan suket dicetak.

"Nanti kalau kami dapat (blanko) lagi akan kami naikkan tanggalnya. Mungkin sampai suket yang diterbitkan 30 Juli" kata dia.

Pencetakan KTP-el, katanya, pun sejauh ini dipusatkan di Kantor Disdukcapil. Jika dilakukan di masing-masing kecamatan maka stok blanko akan habis dalam waktu sekejap.

"Ini saja saya bawa cetakannya di Disdukcapil, kalau saya bawa di 9 kecamatan dua hari langsung habis," katanya. (*)

Tags
Suket
Kudus
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved