BPS Kota Tegal Paparkan Data Strategis Sensus pada 2020, Jumadi: Data Harus Akurat

Jumadi menegaskan, kerjasama antara Pemkot dan BPS Kota Tegal, tidak hanya pada penyusunan buku Tegal Dalam Angka (TDA) dan buku Produk Domestik Regio

BPS Kota Tegal Paparkan Data Strategis Sensus pada 2020, Jumadi: Data Harus Akurat
istimewa
Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi memberikan sambutan dalam ekspos data strategis BPS Kota Tegal di Hotel Pesonna. 

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tegal, mengekspos data strategis sensus pada 2020 yang memanfaatkan teknologi informasi di Hotel Pesonna Tegal, Selasa (26/11/2019).

Kepala BPS Kota Tegal, Kunto Dewantoro mengatakan, sensus ini tidak hanya di Indonesia.

Tetapi pada 54 negara lain juga melakukan hal yang sama.

"Pada 2020 kita akan memanfaatkan IT untuk sensus penduduk, yaitu secara online," kata Kunto dalam rilis yang diterima tribunjateng.com.

Utamakan Layanan Tuna Netra, Perpustakaan Braille Kota Tegal Masih Sepi Pengunjung

PERHATIKAN! Pemberlakukan Satu Arah di Jalan Diponegoro Kota Tegal, Uji Coba 1 Desember

Sementara, Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi mengatakan, pengembangan metode dan mekanisme dalam penyusunan data penting dilakukan oleh instansi vertical ataupun lembaga pemerintah di daerah.

Menurutnya, melalui data maka gambaran grafik kemajuan daerah, data statistik pertumbuhan ekonomi, indeka pertumbuhan SDM, kemiskinan, inflasi, dan data strategis lainnya, bisa terlihat.

"Tersedianya data serta informasi yang memadai akan memberikan dasar dan arahan yang akurat dalam merumuskan kebijakan dan pembangunan yang tepat," katanya.

Jumadi menegaskan, kerjasama antara Pemkot dan BPS Kota Tegal, tidak hanya pada penyusunan buku Tegal Dalam Angka (TDA) dan buku Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Tetapi pada kerjasama lainnya juga, misalnya membreakdown data pada PDRB yang memuat sektor-sektor menjadi sub-sektor yang sangat dibutuhkan oleh daerah.

Selain itu, rencana penyatuan semua data statistik melalui pemberlakuan kebijakan system satu data (one data system).

Hal itu bisa menjadi awal dari langkah OPD di lingkungan Pemkot Tegal mengembangkan dan menyusun data sektoral dengan wali data dari dinas komunikasi dan Informatika dan BPS Kota Tegal.

“Kami berharap BPS Kota Tegal dan Pemerintah Kota Tegal bersama-sama mengembangkan data statistik sektoral dalam upaya pembangunan data dan informasi untuk kemajuan Kota Tegal kedepannya,” ungkapnya. (*)

Penulis: Fajar Bahruddin Achmad
Editor: Daniel Ari Purnomo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved