Kasus Sengatan Tawon Vespa Affinis Marak, Ahli Toxinologi Beberkan Upaya Penanganannya

Selain itu kebersihan lingkungan juga menjadi faktor penting supaya tawon jenis Vespa Affinis tidak berkembang biak dengan cepat

Kasus Sengatan Tawon Vespa Affinis Marak, Ahli Toxinologi Beberkan Upaya Penanganannya
Istimewa
Para petugas seusai melakukan Operasi Tangkap Tawon. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Belakangan ini marak muncul kasus warga yang tersengat tawon vespa affinis, tidak jarang sengatan itu mengakibatkan korban meninggal dunia seperti yang terjadi di Kabupaten Tegal pada pekan lalu.

Data yang dihimpun Tribunjateng.com dari Damkar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karanganyar, petugas Damkar sudah melakukan Operasi Tangkap Tawon (OTT) sebanyak 63 kali mulai Januari 2019 hingga 22 November 2019.

Bagian Administrasi Damkar Satpol PP Karanganyar, Diah Indrihapsari merinci, sebanyak 2 OTT dilakukan di wilayah Sukoharjo dan Solo, sedangkan sisanya di wilayah Karanganyar.

"Karena aduan masuk ke Damkar Karanganyar, untuk penanganan kami minta izin dulu ke pihak Sukoharjo dan Solo.

Alhamdulillah, dari 63 kasus tidak ada yang sampai meninggal dunia, tapi ada 8 orang yang tersengat sehingga badan panas dan bengkak," katanya kepada Tribunjateng.com, Rabu (27/11/2019).

Dikatakannya, OTT dilakukan di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Karanganyar, yakni Kecamatan Jaten, Colomadu, Karanganyar, Tasikmadu, Mojogedang dan Gondangrejo.

Menanggapi maraknya kasus warga yang tersengat tawon Vespa Affinis, Advisor WHO untuk gigitan ular dan Presiden Indonesia Toxinologi, Tri Maharani menyampaikan, sebanyak 22 kasus orang meninggal dunia akibat tersengat tawon vespa affinis di seluruh Indonesia mulai dari Januari 2019 hingga November 2019.

Menurutnya perlu adanya upaya preventif dengan tidak merusak dan segera mengevakuasi sarang tawon saat ukurannya masih kecil.

Selain itu kebersihan lingkungan juga menjadi faktor penting supaya tawon jenis Vespa Affinis tidak berkembang biak dengan cepat.

Tri Maharani mengatakan, ada empat jenis tawon vespa di Indonesia yakni tawon vespa analis, velutina, tropica dan affinis.

Halaman
123
Penulis: Agus Iswadi
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved