Presiden Jokowi Terjebak Macet: Itulah Kenapa Ibu Kota Dipindah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus terjebak kemacetan Jakarta saat ingin menghadiri acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019.

Presiden Jokowi Terjebak Macet: Itulah Kenapa Ibu Kota Dipindah
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) mengikuti sesi pleno KTT ke-35 ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019). Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, di KTT tersebut Presiden akan menekankan empat bidang kerja sama guna meningkatkan ekspor dan investasi yang masuk ke Indonesia. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus terjebak kemacetan Jakarta saat ingin menghadiri acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019.

Hal tersebut ia ceritakan saat sampai di lokasi acara dan bicara di hadapan para bankir yang berkumpul.

"Tadi ke sini macet, setengah jam berhenti," ujarnya di Ciputra Artpeneur, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Rupanya kemacetan di Jakarta itulah yang membuat Jokowi yakin dan mantap dengan keputusan pemerintah memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke ke Kalimantan Timur.

"Itu lah kenapa ibu kota dipindah," ucapnya sembari disambut tawa oleh tamu yang hadir.

Presiden sendiri sudah mengumumkan lokasi ibu kota baru berada di Kalimantan.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Lokasi ibu kota baru berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Usai cerita soal kemacetan Jakarta, Jokowi pun melanjutkan pidatonya di acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019.

Ia bicara kondisi perekonomian secara global yang masih bergejolak sehingga berimbas kepada seluruh perekonomian di dunia, termasuk Indonesia.

"Kita melihat kondisi perekonomian saat ini dan saya teringat apa yang disampaikan oleh Pak Perry Warjiyo, setidaknya ada tiga nilai acuan untuk bangsa Indonesia itu tetap eksis di tengah ketidakpastian global," katanya.

"Tadi juga diingatkan oleh Pak Perry bahwa satu tahun yang lalu di dalam annual meeting Bank Dunia di Bali, saya menyampaikan mengenai bahwa akan datang musim dingin. Winter is coming. Dan ternyata betul coming-nya benar-benar ada," ucapnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terjebak Macet Setengah Jam, Jokowi Sebut Itu Alasan Ibu Kota Dipindah"

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved