Sanggar Seni Asmoro Laras Sragen Dapat Bantuan Alat Musik Tradisional dari Kemensos RI

Kementrian Sosial RI berikan bantuan berupa alat musik tradisional berupa gong, bonang, gambang, saron dan lain-lain kepada Sanggar Seni

Sanggar Seni Asmoro Laras Sragen Dapat Bantuan Alat Musik Tradisional dari Kemensos RI
TRIBUN JATENG/MAHFIRA PUTRI MAULANI
Acara pentas seni oleh sanggar Asmoro Laras di Balai┬áDesa Somomorodukuh, Kecamatan Plupuh, Rabu (27/11/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Kementrian Sosial RI berikan bantuan berupa alat musik tradisional berupa gong, bonang, gambang, saron dan lain-lain kepada Sanggar Seni “Asmoro Laras” Plupuh, Sragen.

Dilanjutkan dengan pentas seni oleh sanggar Asmoro Laras, kegiatan yang terselenggara di Balai Desa Somomorodukuh, ini berlangsung meriah.

Kegiatan pentas seni ini selain dihadiri oleh masyarakat sekitar Camat Plupuh beserta muspika se-Kecamatan Plupuh dan beberapa kepala desa di Kecamatan Plupuh.

Kasie Perlindungan Penyandang Masalah Sosial Dinas Sosial Kabupaten Sragen, Heru Hadi Nugroho, mewakili Kemensos RI mengapresiasi sanggar seni “Asmoro Laras” karena dapat memaksimalkan bantuan yang diberikan oleh Kementrian Sosial.

Heru mengatakan program yang mengangkat kearifan lokal ini bertujuan untuk membuat keselarasan sosial di tengah masyarakat.

Dirinya juga berharap dengan kegiatan pentas seni ini masyarakat yang masih panas karena Pilpres, Pileg maupun Pilkades yang baru saja diselenggarakan serentak di Sragen dapat teredam.

"Semoga bisa memberi hiburan kepada masyarakat setelah penyelenggaraan demokrasi, masyarakat dapat kembali beraktifitas dan bergotong-royong seperti biasa," kata Heru, Rabu (27/11/2019).

Sementara itu, Ki Agus Suharto Selaku Ketua Sanggar mengucapkan banyak terimakasih kepada Kemensos RI yang telah membantu memugarkan alat-alat dan seragam di sanggarnya.

"Kami ucapkan banyak terimakasih, juga telah mendukung penuh pementasan seni yang terselenggara dengan sangat meriah ini," kata Ki Agus.

Agus menambahkan pihaknya optimis dengan alat-alat baru dari Kemensos akan membuat kegiatan yang melestarikan kearifan lokal tersebut semakin optimal.

"Saya yakin sanggar yang melibatkan pemuda sekitar pasti akan berjalan
semakin optimal dan menambah antusias pemuda yang ikut dalam kegiatan sanggar," lanjut dia.

Sanggar Seni Asmoro Laras sendiri ialah sanggar seni karawitan, pewayangan, keroncongan dan pedalangan.

Sanggar seni yang dipimpin oleh pasangan suami istri dalang Ki Agus Suharto dan Nyi Kenik Asmorowati ini juga berupaya mengajak para millenial untuk ikut melestarikan budaya. (uti)

Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved