Pimpin Penanaman 12 Ribu Pohon di Mapolda Jateng, Irjen Pol Rycko: Demi Keseimbangan Lingkungan

Giat simbolis itu sebagai peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, tiap tanggal 28 November.

Pimpin Penanaman 12 Ribu Pohon di Mapolda Jateng, Irjen Pol Rycko: Demi Keseimbangan Lingkungan
istimewa
Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji (kanan) beserta Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel melakukan penanaman dan penyiraman pohon di Mapolda Jateng. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel memimpin langsung penanaman 12 ribu pohon di Mapolda setempat, Kamis (28/11/2019).

Giat simbolis itu sebagai peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, tiap tanggal 28 November.

"Sebagai bentuk implementasi daripada MoU yang sudah dilakukan antara Polda Jateng dengan Djarum Foundation dalam pelestarian lingkungan hidup di seluruh Jawa Tengah," jelas Kapolda Jateng sesuai rilis ke tribunjateng.com, Jumat (29/11/2019).

10 Ribu Pohon Ditanam PLN UID Jateng DIY dan Kodam IV Diponegoro

Ada tiga hal yang akan disepakati dalam kerja sama.

Pertama, Djarum Foundation akan memberikan pengetahuan dan peningkatan kapasitas kepada personel Polri tentang lingkungan.

Kedua, pihaknya menyebutkan kepolisian akan belajar bagaimana cara melakukan pembibitan pohon.

"Polda Jawa Tengah sudah menyiapkan lahannya di asrama di Polda Jateng di Gedawang, wilayah Gombel. Kita ada sekitar tanah 2 hektare di sana untuk pembibitan pohon, di bawah mentoring Oasis Djarum Foundation yang sudah berhasil menjaga lingkungan di seluruh Jawa Tengah dan di Indonesia," lanjutnya.

Warga Jajar Tanam Pohon Pisang di Tengah Jalan Slamet Riyadi Kota Solo

Perihal yang ketiga, tanam dan pelihara pohon untuk pertama kali dilakukan di markas-markas polisi dan juga di asrama polisi terlebih dahulu.

Pihaknya menargetkan sekitar 12 ribu pohon bisa ditanam di seluruh markas dan asrama polisi.

"Mudah-mudahan ini bisa memberikan semangat, bisa memberikan contoh kepada masyarakat untuk menjaga keseimbangan dan mencintai bumi ini," jelasnya.

Beberapa jenis pohon yang ditanam seperti contoh pohon trembesi.

"Kita akan mewariskan bumi yang semakin hijau semakin asri untuk anak cucu kita kedepan nanti. Makanya kita terus mengimbau kepada mayarakat rajin menanam pohon, menjaga lingkungan hidup, menjaga tanah supaya tetap subur, menjaga air supaya tetapterjaga," harap Rycko.

Kapolres Kebumen Tanam Puluhan Pohon Trembesi di Mako Polres, Peringati Hari Menanam Pohon Nasional

Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji mengatakan Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) terus berupaya mengurangi dampak pemanasan global melalui program Djarum Trees For Life.

"Kami pun menyambut baik kesamaan visi dan misi dari Polda Jateng untuk sama-sama menjaga bumi demi terus terjaganya lingkungan hidup untuk masa depan," katanya. (Sam)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: Daniel Ari Purnomo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved