Prakiraan Cuaca

Info: Awal Musim Hujan Resmi Mundur, Ini Prediksi Terbaru dan Penjelasan BMKG

BMKG telah menyatakan secara resmi bahwa kedatangan awal musim hujan akan mengalami kemunduran di sebagian besar wilayah Indonesia.

Info: Awal Musim Hujan Resmi Mundur, Ini Prediksi Terbaru dan Penjelasan BMKG
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Petugas BMKG Stasiun Klimatologi Semarang melakukan pengecekan alat pemantau cuaca, Rabu (28/8/2019). BMKG memprediksi awal musim hujan 2019/2020 di wilayah Jawa Tengah terjadi pada bulan November 2019. Namun, sebagian kecil paling awal (Dasarian I) terjadi bulan Oktober 2019 di wilayah Kabupaten Brebes, Tegal, Pemalang, Banyumas, dan Purbalingga. Untuk Dasarian II terjadi pada pertengahan Desember 2019. 

TRIBUNJATENG.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) telah menyatakan secara resmi bahwa kedatangan awal musim hujan akan mengalami kemunduran di sebagian besar wilayah Indonesia.

Hal ini lantas membuat masyarakat kembali bertanya, kapan awal musim hujan terjadi?

Menjawab hal itu, Kompas.com mencoba menghubungi Kasubid Analisis Informasi Iklim BMKG, Adi Ripaldi, Sabtu (30/11/2019).

Adi menjelaskan bahwa untuk wilayah pulau Jawa, sebagian besar akan memasuki musim hujan pada Dasarian I (10 hari pertama) dan Dasarian II (10 hari kedua) bulan Desember.

"Khusus DKI Jakarta juga demikian, awal dan pertengahan Desember diprediksi akan mulai masuk musim hujan, diharapkan sudah mulai intens hujannya pada periode tersebut," kata dia.

Dari data yang disampaikan oleh Adi, terdapat 199 jumlah Zona Musim (ZOM) per wilayah dari seluruh wilayah Indonesia yang diprakirakan memasuki awal musim hujan pada Desember mendatang.

Jumlah wilayah yang akandiprakirakan memasuki awal musim hujan pada Desember adalah Sumatera (17), Jawa (98), Bali (13), Nusa Tenggara Barat (19), Nusa Tenggara Timur (21), Sulawesi (25), Maluku (4) dan papua (2).

Sementara yang mengalami puncak hujan pada bulan yang sama hanya 18 ZOM, dengan rincian jumlah ZOM yaitu Sumatera (5), Sulawesi (2), Maluku (1) dan Kalimantan (10).

"Cuma enggak detail wilayahnya ini, hanya pulaunya saja yang disebutkan," ujarnya.

Sementara itu, melalui Deputi Bidang Meteorologi, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca yang berlaku dari 30 November hingga 2 Desember mendatang terhadap wilayah-wilayah yang disebutkan berikut.

Halaman
123
Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved