372 Calon Kades di Brebes Ikuti Deklarasi Pilkades Damai

Pemkab Brebes menggelar deklarasi Pilkades damai yang diikuti 372 calon kepala desa (Cakades) dari 108 desa di Pendopo Kabupaten Brebes

372 Calon Kades di Brebes Ikuti Deklarasi Pilkades Damai
Tribunjateng.com/M Zaenal Arifin
Calon Kades menandatangani ikrar Pilkades damai disaksikan jajaran Forkopinda di Pendopo Kabupaten Brebes, Rabu (4/12/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Pemkab Brebes menggelar deklarasi Pilkades damai yang diikuti 372 calon kepala desa (Cakades) dari 108 desa di Pendopo Kabupaten Brebes, Rabu (4/12/2019).

Deklarasi Pilkades Damai tersebut ditandai penandatanganan dan pembacaan ikrar oleh seluruh balon kades, disaksikan Bupati Brebes, Idza Priyanti, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), dan para pejabat.

Bupati Brebes, Idza Priyanti mengatakan, deklarasi Pilkades damai tersebut digelar agar pelaksanaan seluruh tahapan Pilkades hingga proses pelantikan berjalan aman dan lancar.

Tentunya hal itu diperlukan komitmen dari para Cakades bersama para pendukungnya.

Khususnya saat proses pemilihan yang dilakukan secara manual atau mencoblos pada Minggu (15/12/2019) mendatang.

"Diharapkan seluruh tahapan Pilkades bisa berjalan lancar, aman, tertib," kata Idza, usai deklarasi.

Dikatakannya, saat ini proses tahapan Pilkades sudah memasuki pendistribusian undangan bagi pemilih dan ditargetkan selesai pada 5 Desember mendatang.

Sedangkan untuk surat suara, sebagian desa sudah ada yang mencetak. Surat suara tersebut akan didistribusikan ke tingkat desa pada 10 Desember mendatang.

"Kemudian, direncanakan untuk pelantikan kades terpilih hasil Pilkades ini pada Februari 2020 mendatang," paparnya.

Terkait pengadaan kertas surat suara, Bupati menjelaskan, pengadaan cetak surat suara itu dilaksanakan dengan anggaran bantuan APBD yang diberikan kepada setiap desa yang akan melaksanakan Pilkades.

Besaran bantuan yang diterima setiap desa antara Rp 30 juta hingga Rp 50 juta, tergantung banyak sedikitnya daftar pemilih tetap (DPT) setiap desa.

"Anggaran Pilkades ini sudah dialokasikan Pemkab di APBD murni tahun 2019. Jadi, untuk cetak kertas surat suara anggarannya sudah siap," jelasnya.

Camat Bantarkawung, Eko Supriyanto mengatakan, untuk wilayahnya, saat ini desa yang akan melaksanakan Pilkades seluruhnya sudah melakukan cetak kertas surat suara. Sehingga, diharapkan surat suara akan bisa didistribusikan ke tiap desa sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Kalau di desa-desa kami, saat ini sudah dalam proses cetak kertas surat suara. Tinggal nanti distribusinya saja," katanya. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved