Jokowi, Ganjar, Rudy‎ Hingga Soekarno Hilangkan Kesan Kumuh di Selter Tukang Cat Kestalan Solo

Ia berharap, selain menjadi lebih rapi dan tertib, kawasan tersebut ke depan bisa menjadi satu di antara destinasi wisata di Kota Solo

Jokowi, Ganjar, Rudy‎ Hingga Soekarno Hilangkan Kesan Kumuh di Selter Tukang Cat Kestalan Solo
Tribunjateng.com/Yayan Isro Roziki
Seorang seniman menyelesaikan gambar Proklamator Kemerdekaan RI, Soekarno, di selter Kestalan, Rabu (4/12/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - ‎Puluhan seniman airbrush dan seniman lukis unjuk kepiawaian menuangkan imajinasi dalam sebuah gambar, di Kampung/Kelurahan Kestalan, K‎ecamatan Banjarsari, Rabu (4/12/2019).

Berbagai macam gambar menghiasi rolling door 45 unit selter yang berjajar di kampung yang merupakan pusat tukang cat motor dan airbrush di Kota Solo itu.

‎Di antaranya adalah gambar Presiden Republik Indonesia (RI), Joko "Jokowi" Widodo; Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo; Wali dan Wakil Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo - Teguh Purnomo; hingga Proklamator Kemerdekaan RI, Soekarno. Ada pula gambar Garuda, ikon Kota Solo, kuda, banteng, dan lainnya.

‎Ketua paguyuban tukang Cat Cerah Ceria Kampung Kestalan, Suwito, mengatakan kawasan itu sudah menjadi pusat perajin cat dan airbrush di Kota Solo, sejak sekitar 1970-an.

Hanya, sebelumnya puluhan perajin cat dan airbrush tersebut membuat tempat sendiri-sendiri, tanpa dikoordinir oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

"Dulu buatnya sendiri-sendiri, gak tertata, amburadul. Kemudian dari Pemkot bernisiatif membuat selter yang lebih bagus, ditata dan dirapikan‎, biar indah dan sedap dipandang mata," katanya, di lokasi.

Selanjutnya, paguyuban ‎menggelar lomba 'menggambar' dengan tema-tema yang telah ditentukan oleh stakeholder terkait. Sehingga, tiap peserta lomba menuangkan kreativitasnya sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

Ia berharap, selain menjadi lebih rapi dan tertib, kawasan tersebut ke depan bisa menjadi satu di antara destinasi wisata di Kota Solo.

"‎Kita berharap, ini bisa menjadi spot selfie kaum milenial. Jadi destinasi wisata," ujarnya.

‎Seorang peserta lomba, Heri Pramono, mengatakan ia mendapat undian dengan tema Ganjar Pranowo.

Halaman
12
Penulis: yayan isro roziki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved