Amankan Pilkades Serentak, Polres Pati Akan Siagakan 1.359 Personel

Untuk mengamankan Pilkades serentak di Kabupaten Pati, Polres Pati akan menyiagakan pasukan beranggotakan 1.359 personel

Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Kapolres Pati, AKBP Bambang Yudhantara Salamun 

TRIBUNJATENG.COM, PATI – Untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pati, Polres Pati akan menyiagakan pasukan beranggotakan 1.359 personel.

Hal itu disampaikan Kapolres Pati, AKBP Bambang Yudhantara Salamun, ketika ditemui di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Kamis (5/12/2019).

AKBP Bambang menjelaskan, personel pasukan berasal dari Polres Pati, Polres tetangga, dan Polda Jateng, ditambah bantuan dari Brimob dan TNI.

Penyiagaan pasukan telah dikoordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten Pati.

Ribuan personel tersebut akan dibagi ke 121 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades pada 21 Desember 2019 mendatang.

“Jumlah personel yang kami tempatkan di masing-masing desa bergantung dari kategori desa tersebut, apakah termasuk desa aman atau desa rawan,” ujarnya.

Menurut AKBP Bambang, berdasarkan pemetaan kerawanan yang dilakukan Polres Pati, terdapat dua desa yang terkategori rawan.

Di kedua desa tersebut, lanjut dia, akan disiagakan delapan personel.

Sedangkan di desa yang terkategori aman akan disiagakan lima personel.

“Selain itu, kami back-up lagi dengan anggota yang mobile, patroli. Mulai tanggal 20 kami siagakan anggota yang berpatroli di desa-desa tersebut,” tegasnya.

AKBP Bambang mengatakan, penetapan desa rawan dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa indikator, antara lain sejarah Pilkades sebelumnya, calon yang tampil, potensi politik uang, dan keberadaan pihak-pihak yang bermain dalam “judi Pilkades”.

“Dua desa rawan itu mana saja, nanti saya cek lagi. Mohon maaf karena saya baru dua hari bertugas di Pati,” ungkap mantan Kapolres Banyumas tersebut.

Ia mengatakan, pada intinya, Polres Pati harus menjamin dan meyakinkan bahwa pelaksanaan Pilkades serentak berlangsung aman, nyaman, dan sesuai aturan.

Ia juga mengimbau masyarakat Pati agar menjaga persaudaraan sehingga tidak menimbulkan perpecahan. (mzk)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: M Syofri Kurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved