Komunitas Penyandang Disabilitas Berharap Batang Menjadi Pelopor Daerah Ramah Disabilitas

Komunitas penyandang disabilitas berharap Batang bisa menjadi pelopor daerah ramah disabilitas

Komunitas Penyandang Disabilitas Berharap Batang Menjadi Pelopor Daerah Ramah Disabilitas
Tribun Jateng/Dina Indriani
Bupati Batang, Wihaji, Jajaran ASN Pemkab Batang, dan ratusan penyandang disabilitas dari SLB Negeri Batang berfoto bersama usai acara peringatan Hari Disabilitas Internasional di Pendopo Kabupaten Batang, Jumat (6/12/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang mengundang ratusan siswa dan pendidik SLB Batang serta komunitas masyarakat disabilitas untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional di halaman Kantor Bupati, Jumat (6/12/2019).

Dalam kesempatan tersebut, komunitas penyandang disabilitas menyampaikan harapannya agar Batang bisa menjadi daerah yang ramah disabilitas.

Guru SLB Batang, Moh Hikmat, yang juga penyandang tuna daksa, menyampaikan, dirinya berharap kantor pelayanan publik di Batang bisa lebih ramah disabilitas, misalnya menyediakan parkir khusus kendaraan roda tiga atau menyediakan kursi roda.

"Kalau kota besar sudah ramah disabilitas, tapi belum banyak daerah yang ramah disabilitas. Kami harap Batang bisa menjadi pelopor daerah ramah disabilitas," ujarnya.

Bupati Batang, Wihaji, mengatakan Pemkab akan mengupayakan fasilitas ramah disabilitas di Mall Pelayanan Publik di Kantor DPMPTSP yang akan diresmikan.

"Terkait dengan kesiapan menjadi daerah ramah disabilitas, akan dipersiapkan secara bertahap mulai dari ramah disabilitas di rumah sakit, lingkungan pendidikan, dan nanti akan dipersiapkan di Mall Pelayanan Publik," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Pemkab secara spontan menggalang dana dari para ASN.

Dana terkumpul Rp 13.573.800 akan digunakan untuk pembangunan toilet bagi penyandang disabilitas.

Tak hanya itu, Pemkab juga memberikan bantuan tunai Rp 25 juta untuk dana bantuan pendidikan bagi siswa SLB Negeri Batang. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: M Syofri Kurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved