Tebing 10 Meter Longsor, Jebol Dinding Rumah Warga Ngargoyoso Karanganyar

Tanah longsor terjadi di Dusun Sumbergede, RT 3 RW 1 Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jumat (6/12/2019) pukul 01.30 WIB.

Tebing 10 Meter Longsor, Jebol Dinding Rumah Warga Ngargoyoso Karanganyar
Istimewa
Tim BPBD Karanganyar saat membantu korban terdampak tanah longsor sekaligus melakukan pendataan di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jumat (6/12/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Tanah longsor terjadi di Dusun Sumbergede, RT 3 RW 1 Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jumat (6/12/2019) pukul 01.30 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun sebagian dinding belakang rumah Kariyo Supadmo Sarmo (69), berukuran 8 x 2 meter persegi, jebol diterjang tanah longsor.

Akibatnya, sebuah lemari pakaian tertimbun material tanah longsor.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjateng.com dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, tebing setinggi sekitar 10 meter, longsor dan menimpa diding rumah milik Kariyo.

Mewakili Kepala Pelaksanan Harian (Kalakhar) BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko, Sekretaris BPBD Karanganyar, Hendro Prayitno menyampaikan, wilayah Ngargoyoso diguyur hujan pada Kamis (5/12/2019) pukul 16.00 hingga 22.00 WIB.

"Saat korban sedang tidur, tiba-tiba terjadi tanah longsor yang menimpa dinding belakang rumah sekira pukul 01.30," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (6/12/2019).

Dikatakannya, tim BPBD Karanganyar telah ke lokasi untuk membantu korban membersihkan meterial longsor bersama warga sekitar, sekaligus melakukan pendataan dan memberikan bantuan logistik.

"Sementara kita kerja bakti bersama warga sekitar, juga melakukan pendataan kategori kerusakan bangunan. Karena wilayah tersebut berpotensi terjadi tanah longsor, kami mengimbau kepada warga apabila hujan terus-menerus untuk segera mengungsi dan cari tempat aman. Kalau ada retakan dan tanda longsor segera melaporkan ke BPBD Karanganyar," ujarnya.

Selanjutnya, ketegori dampak kerusakan akan dilihat terlebih dahulu.

Apabila memungkinkan untuk diberikan bantuan sosial tahun ini, akan diberikan kepada perwakilan keluarga.

"Kalau pendanaan mencukupi kita berikan bantuan sosial periode tahun ini. Jika tidak, akan diberikan pada 2020," jelas Hendro. (ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: M Syofri Kurniawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved