Ini dia Graska, Maskot Pemilihan Bupati Kendal 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal memperkenalkan Graska, maskot Pemilihan Bupati Kendal 2020

Ini dia Graska, Maskot Pemilihan Bupati Kendal 2020
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Peluncuran maskot Pemilihan Bupati Kendal, Rabu (11/12), di ruang paripurna DPRD Kendal. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal memperkenalkan maskot Pemilihan Bupati Kendal 2020 dalam acara Peluncuran Maskot dan Jingle Pemilihan Bupati Kendal 2020.

Peluncuran itu dilakukan pada Kamis (11/12) di Ruang DPRD Kendal.

Maskot yang diperkenalkan berbentuk manusia mengenakan batik, kepalanya berbentuk gerabah kendi warna coklat, bernama Graska.

Graska merupakan singkatan dari Gerabah Demokrasi Kendal.

Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria, mengatakan, maskot melambangkan harapan terhadap calon bupati dan wakil bupati yang akan berlaga di pesta demokrasi, serta perwujudan konsep pelaksanaan pemilu yang dilakukan oleh KPU Kendal.

"Gerabah banyak dimanfaatkan oleh warga. Sebagai tempat penampungan air dalam rumah maupun untuk acara keagamaan, bahkan di dapur dimanfaatkan sebagai alat masak juga. Harapan kami calon bupati dan wakil bupati ini dapat menampung segala aspirasi masyarakat serta bermanfaat kepada masyarakat," terangnya.

Hevy menambahkan, maskot tersebut bukan karya dari KPU Kendal, melainkan karya dari seorang kartunis dari Kelompok Kartunis Kaliwungu (Kokkang), yakni Zainal Abidin.

Maskot karya Zainal Abidin tersebut diikutkan lomba maskot yang diadakan oleh KPU Kendal dan akhirnya terpilih menjadi maskot Pilbub Kendal.

"Yang ikut lomba maskot ada 9 perserta. Mereka mengirimkan karya mereka kepada kami pada bulan Oktober. Graska terpilih karena mewakili konsep kami dalam pelaksanan Pilbub 2020," tuturnya

Sementara itu, Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah, Putnawati, mengatakan, Kabupaten Kendal merupakan satu dari 21 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah yang akan melaksanakan Pilkada serentak.

Ia berharap pelaksanaan Pilkada 2020 akan berlangsung kondusif, aman, dan tentram seperti Pilkada dan Pemilu sebelumnya.

"Kami berharap pada 23 September 2020 seluruh pihak ikut berpartisipasi menyukseskan Pilkada serentak," ajaknya. (dap)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: M Syofri Kurniawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved