Breaking News:

Segmen 4x2 Bakal Dominasi Pasar dan Penjualan Otomotif Diproyeksikan Tumbuh 5%

Penjualan otomotif nasional pada tahun depan bisa tumbuh 5 persen dari penjualan 2019 yang diproyeksikan mencapai 1 juta unit.

Tribun Jateng/Desta Leila Kartika
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Penjualan otomotif nasional pada tahun depan bisa tumbuh 5 persen dari penjualan 2019 yang diproyeksikan mencapai 1 juta unit.

Hal itu diungkapkan Co-Chairman I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D Sugiarto

Menurut dia, penjualan otomotif pada 2020 diperkirakan akan didominasi segmen 4x2 dengan porsi sekitar 50 persen dari total penjualan otomotif nasional.

“Karena sementara ini hanya mobil-mobil jenis tersebut yang harganya terjangkau,” katanya, kepada Kontan, Senin (9/12).

Optimisme serupa juga ditemui pada kalangan APM. 4 Wheels (4W) Marketing Director PT Suzuki Indomobile Sales (SIS), Donny Saputra mengaku optimistis pasar otomotif pada 2020 bisa tumbuh 5 persen dari tahun ini.

Hal itu antara lain dipicu selesainya berbagai proyek infrastruktur pemerintah baik di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Menurut dia, efek dari penyelesaian proyek infrastruktur sudah mulai dirasakan SIS sejak Juni lalu.

Pasalnya, Donny mencatat terdapat peningkatan lalu lintas barang dan jasa di industri kecil sejak Juni 2019 lalu. Hal itupun pada gilirannya berimbas pada naiknya penjualan segmen kendaraan komersial SIS.

Berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, Donny memperkirakan kenaikan permintaan pada segmen kendaraan komersial juga akan diikuti segmen kendaraan penumpang.

“Ada delay 6-9 bulan biasanya, setelah bisnis stabil akan diikuti dengan kebutuhan akan mobil penumpang,” jelasnya.

Dalam kondisi demikian, SIS memproyeksikan bisa mencatatkan pertumbuhan volume penjualan yang sama dengan proyeksi pertumbuhan pasar, yakni sebesar 5 persen.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved