Pemkab Karanganyar Akan Lengkapi Delapan Puskesmas Dengan Ruang Rawat Inap Pada 2020

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar berencana akan melengkapi delapan puskesmas dengan ruang rawat inap pada 2020

Pemkab Karanganyar Akan Lengkapi Delapan Puskesmas Dengan Ruang Rawat Inap Pada 2020
Tribunjateng.com/Agus Iswadi
Acara Rakerkesda di Hotel Taman Sari Karanganyar Kota, Kamis (12/12/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar berencana akan melengkapi delapan puskesmas dengan ruang rawat inap pada 2020.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjateng.com dari Dinas Kesehatan Karanganyar (DKK), delapan puskesmas tersebut yakni Puskesmas Matesih, Colomadu I, Jaten I, Gondangrejo, Jumantono, Kerjo, Tawangmangu, dan Jatipuro.

Kepala DKK, Cucuk Heru Kusumo menyampaikan, dari delapan puskesmas tersebut, ada empat puskesmas yang sudah masuk anggaran pada 2020.

Empat puskesmas itu ialah Puskesmas Gondangrejo, Kerjo, serta Tawangmangu dan Jatipuro untuk tahap penyempurnaan.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengungkapkan, Pemkab Karanganyar menargetkan puskesmas di setiap kecamatan memiliki ruangan rawat inap, sehingga bisa mengurangi besarnya jumlah pasien di RSUD Karanganyar.

Menurutnya jika bisa diselesaikan di tingkat puskesmas kecamatan, tentu tidak ada lonjakan jumlah pasien di RSUD Karanganyar.

"Pasien kita kan sebagian besar pasien BPJS dan itu harus dilayani dengan sungguh-sungguh dan serius. Mereka harus didahulukan.

Ya kalau tidak selesai (penanganan) di puskesmas bisa dibawa (rujuk) ke RSUD," katanya kepada Tribunjateng.com sesuai acara Rakerkesda 2019 di Hotel Taman Sari Karanganyar Kota, Kamis (12/12/2019).

Dirut RSUD Karanganyar, Wahyu Purwadi Rahmat mengatakan, dengan adanya pembangunan infrastuktur rawat inap di puskesmas, sangat membantu dalam sisi pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Disamping dapat mendekatkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan, juga dalam penanganan pasien dapat dilakukan secara berjenjang.

Halaman
12
Penulis: Agus Iswadi
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved