Dinkes Karanganyar Temukan 3 Ibu Hamil Positif HIV

Dari sebanyak 10063 ibu hamil di Kabupaten Karanganyar, Dinas Kesehatan Karanganyar (DKK) menemukan tiga ibu hamil positif HIV.

Dinkes Karanganyar Temukan 3 Ibu Hamil Positif HIV
Istimewa
Test CVT : Peserta saat melaukan VCT dalam acara Peringatan HIV/Aids Sedunia di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar pada awal Desember 2019. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dari sebanyak 10063 ibu hamil di Kabupaten Karanganyar, Dinas Kesehatan Karanganyar (DKK) menemukan tiga ibu hamil positif HIV.

Dari data yang dihimpun Tribunjateng.com dari DKK, mulai awal 2019 hingga Oktober 2019, telah dilakukan Voluntary Counseling and Testing (VCT) kepada sebanyak 10.063 ibu hamil atau sekitar 80 persen ibu hamil di Karanganyar.

Berdasarkan identifikasi tersebut, diketahui tiga ibu hamil positif HIV.

Sekretaris DKK, Fathul Munir menyampaikan, untuk mengendalikan perkembangan virus, pihaknya memberikan obat antriretroviral (ARV) kepada ibu hamil.

Sehingga virus tidak dapat menular kepada janin.

"Jika sudah diketahui diedukasi. Selain itu tempat persalinannya juga harus di tempat khusus. Wilayah Karanganyar yang ditunjuk di RSUD dr Mowardi Solo. Kalau RSUD Karanganyar belum bisa," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (13/12/2019).

Lanjutnya, pihaknya juga melakukan pengawasan kepada ibu hamil pasca melahirkan dan masa menyusui.

Selain itu menurutnya, dengan memberikan edukasi kepada pasangan muda maupun pasangan yang menjalankan program kehamilan, diharapkan dapat menekan ibu hamil yang terjangkit HIV.

Mengingat pola hidup juga berpengaruh terhadap penyebaran virus tersebut di kalangan keluarga. 

Penulis: Agus Iswadi
Editor: rival al-manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved