Fokus Benahi Pelayanan Publik Era Digital, Pemkab Batang Raih Penghargaan Top 40 KIPP

Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Kesehatan berhasil meraih penghargaan Top 40 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019

Fokus Benahi Pelayanan Publik Era Digital, Pemkab Batang Raih Penghargaan Top 40 KIPP
Istimewa
Berfoto : Wabup Suyono dan Kepala Dinkes Batang dr Hidayah Basbeth saat menerima penghargaan Top 40 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019 Jawa Tengah di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang, Rabu (11/12/2019). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Kesehatan berhasil meraih penghargaan Top 40 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019 Jawa Tengah di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang beberapa waktu lalu.

Inovasi yang mereka lakukan adalah dengan menghadirkan Si Slamet 119 atau aplikasi pelayanan keselamatan darurat berbasis aplikasi android.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menganggap Pemkab Batang berhasil membuat inovasi sistem informasi sparsial keselamatan elektronik terpadu.

"Alhamdulillah, semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi jajaran ASN Batang, yang selalu kita tuntun melakukan inovasi di sektor pelayanan publik," tutur Wakil Bupati Suyono dalam rilis, Jumat (13/12/2019).

Menurut Suyono, dengan informasi teknologi pada pelayanan publik masyarakat bisa mempermudah mendapatkan pelayanan yang menjadi haknya.

Dia berharap dengan terus kembangan inovasi pelayanan publik disektor kesehatan berbasisi elektronik, namun harus lebih mudah, cepat, efisen dan sederhana.

"Tidak saja di bidang pelayanan publik kesehatan saja tapi juga bidang lainya, karena memasuki revolusi industri 4.0 haru terus berinovasi dan kreatif kalau tidak kita akan ketinggalan," jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang dr Hidayah Basbeth mengatakan inovasi ini sudah menjadi rujukan daerah lain, untuk belajar tentang sistem informasi sparsial keselamatan kesehatan.

Layanan masyarakat berbasis android ini manfaatnya adalah apabila mengalami kegawat daruratan medis unuk segera menelpon Si Slamet agar segera mendapat penanganan tanpa dipungut biaya.

Saat ini Pemkab Batang telah menyiapkan puluhan mobil ambulans dan sepeda motor untuk memberikan pelayanan darurat kepada masyarakat di hingga di daerah pegunungan

"Mereka akan hadir membawa peralatan medis dan paramedisnya dengan kendaran ambulan dan sepeda motor untuk yang tidak bisa dilalui oleh mobil," pungkasnya. 

Penulis: dina indriani
Editor: rival al-manaf
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved