Breaking News:

Jelang Natal dan Tahun Baru, Petugas Masih Temukan Rem Bus Tak Berfungsi Baik

Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih mendapati rem

Jelang Natal dan Tahun Baru, Petugas Masih Temukan Rem Bus Tak Berfungsi Baik
Ilustrasi Razia bus

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN -- Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih mendapati rem sejumlah bus pariwisata tak berfungsi baik dalam razia di Terminal Bawen, Kabupaten Semarang, Kamis (12/12). Mereka juga menemukan banyak bus alih trayek tanpa melaporkan.

Staf Seksi Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) BPTD Arry Purwanto mengatakan, razia tersebut digelar untuk melihat kesiapan transportasi umum melayani libur Natal dan Tahun Baru.

Dikatakannya, menjelang dan saat hari raya tersebut, kebutuhan transportasi umum dipastikan meningkat.

Dalam razia itu, pihaknya juga mengecek Kartu Pengawasan (KP) kendaraan umum.

"Kami menilai, pelanggaran terberat ada di pemalsuan KP, termasuk di dalamnya barcode perizinan kendaraan.

Dampak pemalsuan ini ialah para penyedia jasa transportasi tidak mengindahkan kesiapan kendaraan dan bisa membahayakan penumpang, pengguna jalan, maupun masyarakat," jelasnya.

Menurut Arry, pemalsuan KP juga merupakan upaya mengaburkan kepemilikan dan tanggung jawab.

Sesuai aturan, bus pariwisata harus dikelola trayek pariwisata yang memiliki badan hukum yang minimal memiliki lima armada.

Yang terjadi saat ini, imbuhnya, terjadi pengalihan kepemilikan, bahkan kepada perorangan yang tidak memiliki badan hukum. Ini membuat tak ada lagi pengawasan.

"Pelanggaran lain yang terjadi pada armada pariwisata ialah pengalihfungsian armada sebagai angkutan umum yang digunakan sehari-hari," imbuhnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved