Breaking News:

36 Calon Kades Petahana di Brebes Kalah dalam Pilkades Serentak

Pemkab Brebes telah menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 108 desa, Minggu (15/12/2019) kemarin.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: rival al manaf
Istemewa
Calon Kades di desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Brebes, dalam Pilkades yang digelar Minggu (15/12/2019) kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Pemkab Brebes telah menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 108 desa, Minggu (15/12/2019) kemarin. Dari jumlah itu, 63 desa di antaranya terdapat calon Kades petahana.

Berdasarkan hasil Pilkades yang diterima panitia di tingkat kabupaten, diketahui 36 calon Kades petahana tumbang dan sisanya yaitu 27 petahana kembali terpilih sebagai Kades di desanya masing-masing untuk periode enam tahun ke depan.

"Dari data kami, totalnya 36 calon Kades petahana yang gagal terpilih lagi dalam Pilkades kemarin," kata Sekretaris Panitia Pilkades Serentak Tahap II Kabupaten Brebes, N Faizin, Selasa (17/12/2019).

36 calon Kades petahana yang tumbang dalam Pilkades kemarin, di antaranya tiga desa di Kecamatan Jatibarang. Yaitu Desa Pamengger, Jatibarang Kidul dan Kebogadung. Calon petahana di ketiga desa tersebut kalah dari calon lainnya.

Di Kecamatan Banjarharjo, ada 7 calon Kades petahana. Dari jumlah itu, hanya dua calon yang kembali terpilih dan lima lainnya kalah.

"Di Kecamatan Tanjung, dari 3 petahana yang maju, 1 orang terpilih kembali dan 2 orang tumbang. Termasuk di Desa Glonggong, Kecamatan Wanasari, cakades petahana di desa ini juga kalah," paparnya.

Setelah proses pencoblosan dan pengumuman hasil perhitungan suara, setiap calon Kades mempunyai hak untuk mengajukan sengketa Pilkades. Berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Brebes, tetang Pilkades Serentak, pengajuan sengketa Pilkades bisa disampaikan pada masa sanggah.

"Masa sanggah selama tiga hari, setelah hasil perhitungan suara diumumkan. Yaitu mulai 16-18 Desember," imbuhnya.

Sementara itu, dari hasil pantauan yang dilakukan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), diketahui pelaksanaan Pilkades serentak 108 desa berjalan kondusif.

Bupati Brebes, Idza Priyanti mengaku bangga dengan antusiasme warga dalam Pilkades serentak tahap II. Menurutnya, tingginya antusias masyarakat dalam memilih calon pemimpin di desanya menandakan kehidupan berdemokrasi makin berkualitas.

"Saya bangga, karena dari pantauan kami, masyarakat sangat antusias pada Pilkades," katanya.

Dalam kesempatan itu, Idza juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang telah menunjukan kedewasaannya dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban sehingga suasana tetap kondusif. Dia mengajak warga agar menerima hasil Pilkades apa adanya.

"Terimalah hasil pilkades dengan senang hati dan tidak perlu membuat kegaduhan," ajaknya.

Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyono mengatakan, dalam suatu kompetisi pasti ada yang menang dan tentunya ada yang kalah. Ia meminta kepada calon Kades yang menang untuk merangkul semuanya, baik kawan maupun lawan.

"Usai Pilkades, yang ada yakni warga masyarakat, maka harus dirangkul semuanya," ucapnya. 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved