Sekarang Bulan Menetasnya Telur Ular, Waspada, Jambanpun Bisa Jadi Tempat Sembunyi 

Ia juga menjelaskan, di Batang masih ditemukan saluran jamban yang dibuang ke sungai dan di sungai, ditemukan keluar ular

Sekarang Bulan Menetasnya Telur Ular, Waspada, Jambanpun Bisa Jadi Tempat Sembunyi 
tribunjateng/budi susanto
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Hidayah Basbhet, saat ditemui Tribunjateng.com di kediaman Afandi, Jumat (14/9/2018). 

TRIBUNJATENG.COM - Memasuki bulan menetasnya telur ular di musim penghujan, Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Jawa Tengah waspadai toilet warga sebagai persembunyian ular.

"Ini bulan menetasnya telur ular dan ular bisa masuk ke pemukiman karena ada makanan seperti tikus dan kodok," kata Kepala Dinas Kesehatan Batang Hidayah Bashbet usai deklarasi ODF di Aula Kantor Bupati Batang, Selasa (17/12/2019).

Hidayah menambahkan, warga harus secara rutin menjaga kebersihan lingkungan rumah. Rumah yang dekat dengan sawah dan sungai harus ada perlindungan diri.

"Semua rumah berpotensi didatangai atau menjadi sarang ular, ular bisa datang kalau ada makanan, maka rumah secara rutin harus dibersihkan dari tikus dan kodoknya," tambah dia.

Ia juga menjelaskan, di Batang masih ditemukan saluran jamban yang dibuang ke sungai dan di sungai, ditemukan keluar ular.

"Suasana ini, telur ular sedang menetas jadi harus waspada, kemarin ada kasus ditemukan jambanya keluar ular karena saluran pembuangannya ke sungai," jelas dr. Hidayah Bashbet. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Waspada, Bulan Menetas Telur Ular, Jamban Bisa Jadi Tempat Sembunyi

Editor: muslimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved