32 ribu Anggota Polri dan TNI Amankan 2.800 Gereja di Jateng, 138 di Antaranya Prioritas

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel bersama Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi memimpin langsung Apel Gelar Pengaman

32 ribu Anggota Polri dan TNI Amankan 2.800 Gereja di Jateng, 138 di Antaranya Prioritas
TRIBUN JATENG/SAIFUL MA'SUM
Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel meengecek kesiapan petugas pengamanan di dalam kegiatan Apel Gelar Operasi Lilin Candi 2019 guna mengamankan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kamis (19/12/2019) di lapangan Simpanglima Kota Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel bersama Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi memimpin langsung Apel Gelar Pengaman Natal dan Tahun Baru (Nataru) di lapangan Simpanglima, Kota Semarang, Kamis (19/12/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Rycko menyampaikan, setidaknya terdapat 32 ribu anggota TNI dan Polri sudah dipersiapkan guna mengamankan 2 perayaan itu.

Khusus pada momen hari H natal nanti, jumlah perrsonel pengaman itu akan mengamankan 2,800 gereja di Jateng,138 gereja di antaranya menjadi prioritas karena memiliki jemaat yang banyak dan jadwal Misa terpadat.

"(Total gereja) Hampir ada 3000-an di Jateng, 2,800 di antaranya akan melaksanakan ibadah nanti.

Polda Jateng bersama Kodam IV/Diponegoro dan seluruh instansi yang mendukung berusaha memberikan pelayanan terbaik dan pengamanan kepada seluruh masyarakat Jateng," terangnya.

November hingga Desember 2019 Polres Pekalongan Sita 1.184 Botol Miras, Dimusnahkan Jelang Nataru

255 Anggota Polres Batang Disiapkan Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru

Viral Video Pemuda Mandi sambil Naik Motor di Kebumen, Ini Tanggapan Polisi

Ribuan Botol Miras Hasil Operasi Dimusnahkan Polres Kendal Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Lebih lanjut, beberapa hal akan dicegah dan diamankan mulai dari aksi terorisme, trek-trekan di jalanan, hingga aksi minum-minuman memabukkan.

Hal tersebut menurut Kapolda perlu diperhatikan dan dicegah mulai dari tingkat resiko yang tinggi hingga terkecil sekalian.

"CCTV pasti sangat diperlukan ada juga pemeriksaan kendaraan, scurity door, metal detektor dan pemeriksaan lain," lanjutnya.

Operasi yang dikenal dengan Operasi Lilin Candi 2019 ini akan aktif mulai 23 Desember - 1 Januari mendatang.

Sebelumnya, Polda dan Kodam IV/Diponegoro sudah melakukan operasi dalam rangka tindakan preventif atau pencegahan sebelum memasuki nataru.

Halaman
12
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved