Breaking News:

HMPS-TI UMP Purwokerto Gelar Lomba Desain Grafis dan Networking bagi Siswa SMK

HMPS-TI UMP menggelar Lomba Design Grafis & Networking bagi siswa SMK.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika UMP Purwokerto menggelar Lomba Desain Grafis & Networking bagi siswa SMK 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (HMPS-TI UMP) menggelar Lomba Design Grafis & Networking bagi siswa SMK.

Lomba ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan INFECT (Informatics Conference & Competition) IV 2019, yang mana conference atau seminar nasionalnya sendiri akan diadakan pada tanggal 12 Maret 2020 dengan mengambil tema Digital Marketing.

Kompetisi ini digelar di Auditorium Ukhuwah Islamiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil menggaet 54 peserta.

Terdiri atas 30 peserta untuk kategori lomba desain grafis dan 24 peserta untuk networking dari berbagai SMA/SMK se-Jawa.

“Salah satu tujuan diadakannya INFECT adalah sebagai ajang bagi para siswa SMK untuk unjuk ‘gigi’ dalam bersaing dengan siswa lainnya sekaligus untuk mengenalkan prodi TI bagi khalayak luas, ” kata Bryan Jaluanta selaku Ketua Panitia INFECT 2019.

Bryan menjelaskan INFECT merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh HMPS TI-UMP.

Tahun 2019 ini merupakan kali keempat diadakannya kegiatan tersebut.

“Selain kompetisi bagi siswa SMK kami nantinya juga akan menggelar seminar nasional bertemakan Digital Marketing pada 12 Maret 2020 yang terbuka tak hanya bagi mahasiswa TI-UMP saja melainkan dapat diikuti oleh semua mahasiswa yang ada di UMP, sedangkan kenapa kami mengambil tema tersebut karena di tahun depan besar kemungkinan industri digital, e-commerce maupun startup digital akan berkembang pesat,” imbuhnya.

Terkait dengan perlombaan, lomba Desain Grafis mengambil tema “Internet & Industry 4.0” menggunakan software berupa Adobe maupun Corel DRAW.

Peserta disyaratkan membuat poster sekreatif mengenai tema tersebut tak hanya tentang kesesuaian desain dengan tema tetapi juga indicator lain seperti typography, komposisi, illustrasi dan orisinalitas dari desain yang dibuat.

Berbeda halnya dengan lomba Networking yang mengharuskan para peserta untuk membuat jaringan tersendiri menggunakan sistem operasi Linux dan client berupa Windows yang dinilai berdasarkan kecepatan penyelesaian, akurasi, setting Mikrotik dan beberapa hal dalam tata kelola jaringan.

Afnan Ngatour Rahman asal SMKN 1 Cilacap berhasil meraih Juara 1 dalam kategori Networking.

Diikuti Syifa Saif Hidayat asal SMK Telkom Purwokerto sebagai juara 2 dan Bella Saputra dari SMKN 2 Bawang sebagai Juara 3.

Untuk kategori desain grafis Juara 1 disabet Bagus Hanifuddin (SMKN 1 Banyumas).

Disusul oleh Afan Muzaki (SMK Muhammadiyah Belik) sebagai juara ke-2 dan Rehan Firdaus (SMK Telkom Purwokerto) sebagai juara ke-3. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved