Breaking News:

Perayaan Natal di Kudus, 500 Polisi Jaga 34 Gereja

Sebanyak 34 gereja di Kabupaten Kudus mendapatkan pengamanan dari personel Polres Kudus selama perayaan Natal berlangsung.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: M Syofri Kurniawan

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Sebanyak 34 gereja di Kabupaten Kudus mendapatkan pengamanan dari personel Polres Kudus selama perayaan Natal berlangsung.

Pengamanan dilakukan guna memberi rasa nyaman kepada umat Nasrani yang merayakan Natal.

Dalam pengamanan, Polres Kudus juga melakukan penyisiran di sejumlah gereja.

Salah satunya, gereja Santo Yohanes Evangelista, Senin (23/12/2019).

Dalam penyisiran gereja, polisi dilengkapi peralatan pendeteksi bahan peledak.

Seekor anjing yang memiliki keahlian khusus dalam mengendus keberadaan bahan peledak juga dilibatkan dalam penyisiran di setiap sudut gereja.

"Sampai saat ini belum ada ancaman. Tapi kami tetap melakukan pengamanan. Semoga mereka yang merayakan Natal bisa beribadah dengan khusyuk tanpa kekhawatiran," ujar Kapolres Kudus, AKBP Catur Gatot Efendi.

Dia mengatakan, konsentrasi pengamanan terbesar dilakukan di gereja Santo Yohanes Evangelista yang memiliki jemaat hampir 2.000 orang.

"Kami memastikan gereja ini betul-betuk steril, tidak ada benda-benda yang mengganggu masyarakat atau umat yang akan ibadah, kemudian jemaat yang datang dicek lagi kelengkapannya," kata dia.

Dia berujar, dari 34 gereja yang ada di Kudus, pihaknya mengerahkan sekitar 500 personel untuk pengamanan di seluruh gereja.

Romo pembantu di Paroki Santo Yohanes Evangelista, Stephanus Nyaris Prsetyo, mengatakan, dalam perayaan Natal terdapat dua kali misa yang digelar di gereja tersebut.

"Misa pertama jam 17.30 WIB, jemaat sekitar 1.500 orang. Misa kedua jam 20.30 WIB, biasanya sampai 500 atau 600 jemaat," jelasnya.

Jemaat yang beribadah di gereja tersebut, katanya, umumnya merupakan penganut Katolik yang tinggal di Kudus.

Atau, lanjutnya, penganut Katolik asli Kudus yang merantau, saat Natal mereka pulang dan melakukan misa di gereja tersebut. (goz)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved