Pantau Pengamanan Nataru Kota Solo, Kapolda Jateng:Tempatkan Sniper di Lokasi-Lokasi Strategis

Kapolda Jateng: Berikan sniper kewenangan untuk mengambil tindakan tegas dan terukur

Pantau Pengamanan Nataru Kota Solo, Kapolda Jateng:Tempatkan Sniper di Lokasi-Lokasi Strategis
Tribun Jateng/ Yayan Isro' Roziki
Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Moch Effendi (kiri); Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel (tengah); dan Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Ahmad Luthfi, saat konvoi sepeda motor dari Mako II Polresta Solo menuju Gereja Santo Antonius Purbayan, guna pantauan lapangan pengamanan Nataru di Kota Solo, Selasa (24/12/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - ‎Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Rycko Amleza Dahniel, menginstruksikan untuk memperketat pengamanan pelaksanaan ibadah Natal dan perayaan tahun baru di wilayah Kota Solo.

Untuk menjamin ‎keamanan selama libur Natal dan tahun baru (Nataru), Rycko meminta agar ditempatkan sniper atau penembak jitu di sejumlah tempat di Solo.

‎"Tempatkan sniper di lokasi-lokasi strategis. Beri kewenangan untuk mengambil tindakan tegas dan terukur," kata Kapolda, di sela-sela kunjungan di Solo, Selasa (24/12/2019).

Menurut Kapolda, penempatan sniper harus didukung dengan adanya Closed Circuit Television‎ (CC‎TV).

Sehingga, nantinya penembak jitu yang ada bisa melakukan pentauan secara lebih luas dan cermat.

‎Karena itu, ia meminta agar anggota kepolisian benar-benar memanfaatkan CCTV--yang dikendalikan melalui ruang Traffic Management Center (TMC)--untuk memantau situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Solo.

Menurut dia, hasil rekaman CCTV nantinya dapat dijadikan barang bukti bila ada dinamika yang terjadi.

‎Tak hanya itu, Kapolda juga meminta agar petugas yang terlibat dalam pengamanan Nataru mempelajari modus-modus serangan aksi terorisme.

Disebutkan, di Solo pernah terjadi aksi bom bunuh diri dengan ‎menyasar tempat ibadah dan Mapolresta.

Aksi bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh Kepunton terjadi pada 2011, sedangkan aksi pemboman di Mapolresta Solo terjadi pada 2016.

Halaman
12
Penulis: yayan isro roziki
Editor: M Syofri Kurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved