Breaking News:

Ngopi Pagi

FOKUS: Selamat Tinggal 2019, Saatnya Tancap Gas!

Ketika hiruk pikuk politik rivalitas setahun ini usai, maka patut untuk mengungkapkan selamat tinggal 2019, tahun 2020 saatnya tancap gas!

Penulis: m nur huda | Editor: m nur huda
tribunjateng/bram kusuma
Tajuk ditulis Jurnalis Tribun Jateng, M Nur Huda 

Tajuk ditulis Oleh M Nur Huda

Jurnalis Tribun Jateng

TRIBUNJATENG.COM - Tahun 2019 menjadi puncak ketinggian suhu politik di Indonesia. Warga republik ini telah sukses menikmati proses demokrasi melalui Pemilihan Umum (Pemilu) serentak mulai Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD, hingga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Pilpres 2019 telah menguras energi sekaligus menjadi puncak rivalitas Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang dimulai sejak Pilpres 2014 lalu.

Isu politik kontestasi Pemilu, telah masuk ke sendi-sendi sosial kemasyarakatan, hingga menusuk ke wilayah keagamaan.

Berbagai perdebatan sengit para pendukung, pelemparan isu hoaks hingga saling menjatuhkan, telah dilalui.

Bersyukurlah, bangsa ini telah sukses melewati masa-masa kritis yang dikhawatirkan mampu mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Puncak arah politik berakhir setelah presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi dan KH Maruf Amin, menggandeng semua pihak terlibat dalam kekuasaan untuk bersama membangun bangsa. Keputusan ini benar-benar mampu meredam dan hampir memadamkan bara api seusai pemilu.

Penunjukan sejumlah sosok menjadi punggawa di Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan, Mahfud MD menjadi Menkopolhukam, serta sosok muda Nadiem Anwar Makarim menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, mampu memecah perhatian publik pada isu perpecahan antaranak bangsa.

Mengingat kembali pidato Presiden Jokowi di sidang tahunan MPR RI Tahun 2019, 16 Agustus 2019 lalu, mantan Wali Kota Solo itu mengutarakan visi optimisme Indonesia menguasai dunia di masa mendatang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved