Antisipasi Banjir Kiriman Sungai Bengawan Solo, Pemprov Jatim Pantau Curah Hujan di Jawa Tengah

Memasuki musim penghujan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) mewaspadai banjir kiriman dari Sungai Bengawan Solo.

Antisipasi Banjir Kiriman Sungai Bengawan Solo, Pemprov Jatim Pantau Curah Hujan di Jawa Tengah
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninjau Rumah Pompa Kali Tenggang di Jalan Nasional, Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (2/1/2020). Dalam tinjauannya, Gubernur Ganjar memastikan Rumah Pompa Kali Tenggang berjalan dengan baik sehingga bisa mencegah banjir yang ada di kawasan pesisir Semarang Utara. 

TRIBUNJATENG.COM, SURABAYA - Memasuki musim penghujan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) mewaspadai banjir kiriman dari Sungai Bengawan Solo.

Wakil Gubenur Jatim Emil Elestianto Dardak mengungkapkan, walaupun hulu Sungai Bengawan Solo berada di Jawa Tengah, namun hilirnya berada di Jawa Timur.

Bahkan 70 persen panjang Bengawan Solo berada di Jawa Timur.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemprov Jatim akan memantau perkembangan kondisi hulu Sungai Bengawan Solo di Jateng termasuk curah hujannya.

“Kita ikut mengupdate kondisi hujan yang terjadi di hulu Sungai Bengawan Solo, Sehingga kita bisa mengantisipasi adanya banjir kiriman,” ujar Emil saat ditemui di Kantor BPBD Jatim, Jalan Letjen S Parman, Sidoarjo, Kamis (2/1/2020).

Wagub Jatim Emil Dardak saat Meninjau Posko Siaga Darurat Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi di Kantor BPBD Jatim, Jalan Letjen S Parman, Sidoarjo, Kamis (2/1/2020)
Wagub Jatim Emil Dardak saat Meninjau Posko Siaga Darurat Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi di Kantor BPBD Jatim, Jalan Letjen S Parman, Sidoarjo, Kamis (2/1/2020) (TRIBUNJATIM.COM/Arif Candra)

Selain memantau hulu Bengawan Solo, Pemprov Jatim bakal membuat sumur resapan air atau biopori pada sejumlah titik dataran rendah rawan banjir di Jatim untuk mempercepat resapan jika terjadi genangan air.

“Karena kalau di daerah pegunungan seperti daerah Trenggalek, Tulungagung dilakukan resapan air itu tanahnya akan jenuh, tapi kalau di datar bisa membantu mempercepat genangan air (menyusut),” katanya.

Pemprov Jatim juga bakal memenuhi ketersediaan perahu karet untuk mengevakuasi korban bila terjadi banjir.

Selain kapal karet ada inovasi baru yaitu jerigen, untuk mengevakuasi korban yang berada di gang-gang yang tidak bisa dimasuki perahu karet.

Personel, Logistik, dan Peralatan Siap Antisipasi Bencana di Jateng

“Terakhir, ketika ada batang ranting-ranting pohon itu harus segera dibersihkan di potong dengan senso, sudah disiapkan. Kita full siap siaga karena kita ingin negara hadir memberikan rasa aman kepada masyarakat,” katanya.

Ganjar mengecek rumah pompa

Halaman
123
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved