BMKG Prediksi Cuaca Buruk di Yogyakarta, Warga Bantaran Sungai Diimbau Waspada

BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta menyebut potensi terjadinya cuaca ekstrem hujan disertai petir dan angin kencang di DIY

BMKG Prediksi Cuaca Buruk di Yogyakarta, Warga Bantaran Sungai Diimbau Waspada
ISTIMEWA
Logo BMKG - BMKG Yogyakarta keluarkan peringatan potensi cuaca buruk 

TRIBUNJATENG.COM, YOGYA - BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta menyebut potensi terjadinya cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di wilayah DIY dalam beberapa hari ke depan. 

Di samping cuaca ekstrem yang masih berpotensi muncul, hal lain yang perlu diwaspadai masyarakat adalah periode  puncak musim hujan yang diprediksi akan terjadi di pertengahan Januari hingga Februari tahun 2020.

“Diprakirakan hujan dalam dua bulan kedepan adalah fase fase puncak dengan kisaran 300 sd >500 mm/bulan  (tinggi hingga sangat tinggi),” ujar Etik setyaningrum, Kepala kelompok data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta kepada Tribunjogja.com, Kamis (2/1/2020).

Etik menjelaskan, sampai saat ini seluruh wilayah DIY sudah memasuki musim hujan, sehingga potensi cuaca untuk beberapa hari ke depan adalah hujan sedang hingga lebat.

Hal ini terlihat dari beberapa monitoring alat pengukuran curah hujan yang tersebar di seluruh wilayah DIY menunjukkan curah hujan lebih dari 50 mm/dasarian dalam tiga dasarian berturut turut ini.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk bertempat tinggal di bantaran sungai untuk selalu waspada bila terjadi hujan lebat yang berpotensi banjir dan daerah lereng yang rawan longsor.

Warga juga diminta menghindari tempat-tempat yang lapang dan terbuka untuk menghindari petir.

“Jangan berteduh di bawah pohon dan jangan mengendarai motor jika hujan lebat. Bila ada angin kencang hindari berteduh di bawah pohon ataupun bangunan  tua  yang mudah roboh,” urainya. (TRIBUNJOGJA.COM)
 

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul BMKG DIY Prediksi Cuaca Ekstrem Berpotensi Muncul di Yogyakarta

Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved