Breaking News:

Polres Brebes Siapkan Satgas Tanggap Bencana Antisipasi Banjir dan Longsor

Memasuki musim penghujan, Polres Brebes menggelar apel dan pengecekan perlengkapan SAR di halaman Mapolres Brebes, Kamis (2/12/2019)

Tribun Jateng/Agus Iswadi
Ilustrasi longsor 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Memasuki musim penghujan, Polres Brebes menggelar apel dan pengecekan perlengkapan SAR di halaman Mapolres Brebes, Kamis (2/12/2019).

Pengecekan dilakukan langsung oleh Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyono.

Kegiatan yang melibatkan para personel Dalmas Polres Brebes tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam. Nantinya, para personel Dalmas sekaligus menjadi Satgas Tanggap Bencana Polres Brebes.

Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyono mengatakan, pada pelaksanaannya para personel yang disiapkan sebagai Satgas Tanggap Bencana itu akan bergabung dengan tim siaga bencana bersama instansi lain dalam penanganan bencana alam di Brebes.

"Ini menjadi suatu bentuk kesiapan Polri dalam memberikan bantuan penyelamatan, pencarian, dan evakuasi korban bencana alam pada tahap darurat dan pascabencana manakala terjadi di wilayah Kabupaten Brebes," kata Aris.

Ia menjelaskan, semua pihak tentu tidak menginginkan terjadinya bencana. Namun mengingat kondisi Kabupaten Brebes yang rawan bencana, baik banjir maupun longsor, maka kesiapsiagaan mutlak diperlukan.

Tak hanya kesiapsiagaan warga, peralatan pendukung pun wajib disiapkan untuk proses evakuasi maupun pertolongan.

"Kita berharap Brebes aman dari bencana alam. Namun jika terjadi kita sudah persiapkan semuanya. Baik peralatan hingga personil," tegasnya.

Dalam pengecekan tersebut, sejumlah peralatan seperti perahu karet, dayung, rompi pelampung, tali dan gergaji mesin diperiksa jumlah dan fungsinya.

Kasat Sabhara Polres Brebes, AKP Aldino Agus Anggoro menambahkan, pengecekan peralatan SAR sebagi bagian dari kesiapan Polres Brebes dalam penanggulangan bencana. Alat tersebut dilakukan pemeriksaan agar siap saat digunakan apabila terjadi bencana alam.

"Perahu karet dan pelampung disiapkan apabila terjadi bencana alam berupa banjir. Selain itu alat khusus seperti gergaji mesin dapat digunakan untuk mengevakuasi pohon tumbang," ujarnya.

Dengan kesiapan alat dan personel, lanjutnya, diharapkan mampu mendukung kecepatan dalam penanggulangan bencana. Sehingga mampu memberikan bantuan dan penanganan yang maksimal apabila terjadi bencana alam.

"Namun demikian, kita berharap di Kabupaten Brebes tidak terjadi adanya bencana," pungkasnya. (nal)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved