Breaking News:

Antisipasi Kejadian Bencana di Jateng, Polres Salatiga Bentuk Satgas Bencana

Merespon sejumlah kejadian bencana alam di beberapa wilayah di Jawa Tengah, Polres Salatiga membentuk satuan tugas khusus penanganan bencana.

Tribun Jateng/M Nafiul Haris
Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono (kanan) saat dijumpai di Mapolresta Salatiga, Jumat (3/1/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Merespon sejumlah kejadian bencana alam di beberapa wilayah di Jawa Tengah, Polres Salatiga membentuk satuan tugas (Satgas) khusus penanganan bencana.

Kapolres Salatiga, AKBP Gatot Hendro Hartono, mengatakan, Satgas Bencana yang dipimpinnya memiliki sekitar 100 personel.

"Jadi, Satgas ini saya yang kendalikan langsung bersama Wakapolres.

Pelaksana melalui Kabag Ops, beserta Kasat Sabhara, Binmas, dan Kasatreskrim,"terangnya kepada Tribunjateng.com, di Mapolresta Salatiga, Jumat (3/1/2020).

Menurut AKBP Gatot, Satgas Bencana akan disiagakan untuk wilayah sekitar Kota Salatiga apabila dibutuhkan bantuan personel ketika terjadi bencana alam, baik berupa banjir, tanah longsor, maupun angin puting beliung.

Ia menambahkan, dari hasil pemetaan, beberapa daerah berpotensi mengalami bencana tanah longsor.

"Nah, tim atau Satgas ini, selain bertugas membantu evakuasi warga ketika terjadi bencana, juga turut mengamankan, khususnya dari Satreskrim sebagai tim tindak, apabila ada rumah kosong dan sebagainya," katanya.

Dikatakannya, sarana dan prasarana kebencanaan yang dimiliki Polres Salatiga sekarang dinilai sangat memadai, seperti tenda peleton, senter guna pencarian korban, termasuk unit K9 dan perahu.

Selebihnya, kata dia, anggota yang tergabung dalam Satgas Bencana tersebut sangat terlatih dan memiliki pengalaman dalam melakukan tugas di lapangan.

"Sarana prasarana kebencanaan atau pertolongan kondisinya memadai.

Anggota juga terlatih.

Jika wilayah sekitar membutuhkan bantuan, ada perintah resmi, mereka semua siap membantu," ujarnya. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: M Syofri Kurniawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved