TNI Siaga Tempur di Natuna, Presiden Jokowi: Tak Ada Kompromi soal Kedaulatan Indonesia

Presiden Jokowi meminta jajarannya untuk bersikap tegas dan tidak ada kata kompromi terkait kedaulatan NKRI. Armada tempur TNI siaga di Natuna

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah meminta jajarannya untuk bersikap tegas dan tidak ada kata kompromi terkait kedaulatan Negara Kesatuan Indonesia (NKRI).

Sikap Jokowi disampaikan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman, menyikapi adanya laporan aktivitas kapal China di perikanan di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia Wilayah Laut Natuna Utara.

"Tak ada kompromi dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia," ucap Fadjroel menirukan pesan Jokowi kepada jajarannya, yang ditulis Minggu (5/1/2020) dan dikutip Tribunjateng.com dari Tribunnews.com.

Dalam mengatasi konflik di perairan Natuna, kata Fadjroel, pemerintah Indonesia bersikap tegas, sekaligus memprioritaskan usaha diplomatik damai dengan pemerintah China.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar operasi siaga tempur terkait dengan adanya pelanggaran di wilayah perairan laut Natuna Utara oleh kapal coast guard China.

Operasi tersebut digelar untuk melaksanakan pengendalian wilayah laut khususnya di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) laut Natuna Utara.

TNI menurunkan, tiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), satu pesawat intai maritim, dan satu pesawat Boeing di Perairan Natuna Kepulauan Riau.

Hal itu disampaikan Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman saat dikonfirmasi Tribun, Jumat (3/1/2019).

"Sekarang ini wilayah Natuna Utara menjadi perhatian bersama, sehingga operasi siaga tempur diarahkan ke Natuna Utara mulai tahun 2020. Operasi ini merupakan salah satu dari 18 operasi yang akan dilaksanakan Kogabwilhan I di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya," kata dia.

Tak akui klaim China

Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi menegaskan Republik Indonesia tidak akan pernah mengakui klaim sepihak yang dilakukan China di perairan Natuna, Kepulauan Riau.

Halaman
1234
Editor: m nur huda
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved