Empat Pengendara Motor Tergelincir, Longsor di Jalan Gunungpati-Cangkiran Semarang

Tak hanya pohon tumbang, longsoran tanah berupa lumpur juga menggenangi ruas jalan yang tak jauh dari Wisata Pemancingan Sekopek Kota Semarang.

TRIBUNJATENG. COM, SEMARANG - Hujan lebat disertai petir, termasuk juga angin kencang mengakibatkan sebuah pohon tumbang di Jalan Cangkiran-Gunungpati, Kelurahan Polaman, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Rabu (8/1/2020) petang.

Tak hanya pohon tumbang, longsoran tanah berupa lumpur juga menggenangi ruas jalan yang tak jauh dari Wisata Pemancingan Sekopek Kota Semarang.

Menurut warga setempat terkait kronologi peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 16.00, bertepatan dengan hujan deras di wilayah tersebut.

"Sekira pukul 16.00, pohon bambu jatuh dan menutupi bahu jalan, bersamaan sedikit longsor tanah," ucap Samian (50) warga Polaman, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Seusai itu, sebagian warga setempat bergotong royong membersihkan puing-puing pepohonan bambu yang menutup jalan, meskipun hujan masih lebat.

Namun akibat longsoran tanah itu, tak pelak membuat jalanan menjadi licin dan berlumpur.

Tak sedikit pula beberapa pengendara sepeda motor yang sedang melintas, terjatuh (tergelincir) akibat licinnya jalan tersebut oleh genangan lumpur.

"Ada sekira empat pengendara motor jatuh karena licin, akibat tanah berlumpur," tambah Samian.

Mendengar ada musibah di wilayah, Lurah Polaman, Agus Susilo pun bergegas untuk datang ke lokasi.

Di sana pula diikuti Kapolsek Mijen, Kompol Budi Abadi.

"Dibantu warga setempat gotong-royong membersihkan puing-puing hasil longsoran yang mengakibatkan jalan menjadi licin dan macet," ucap Kompol Budi.

Agar tidak semakin membahayakan pengguna jalan yang melintas, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang juga dikerahkan untuk membersihkan lumpur yang menyelimuti jalanan itu.

Petugas Damkar yang sampai di lokasi langsung membersihkan lumpur.

Caranya menyemprotkan air yang berasal dari tangki mobil ke jalanan yang tertutup lumpur.

"Tidak ada kesulitan dalam pembersihan lumpur, sekitar 15 menit lumpur yang ada di jalanan telah bersih," ujar Komandan Regu Damkar Kota Semarang, Tuwidi. (Muhammad Khoiru Anas)

Penulis: Muhammad Khoiru Anas
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved