Breaking News:

Ruko Milik Desa Botok Karanganyar Kian Mengkhawatirkan, Terus Tergerus Aliran Sungai Sabrang

Ruko BUMDes yang berada di tepian Sungai Sabrang, Desa Botok, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar terancam akibat tanah yang terus longsor.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: deni setiawan
DOKUMENTASI HUMAS BPBD KABUPATEN KARANGANYAR
Petugas BPBD Kabupaten Karanganyar meninjau lokasi longsor di Desa Botok, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Selasa (7/1/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Ruko BUMDes yang berada di tepian Sungai Sabrang, Desa Botok, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar terancam akibat tanah yang terus mengikis pada Senin (6/1/2020) malam.

Informasi yang dihimpun Tribunjateng.com dari BPBD Kabupaten Karanganyar, Rabu (8/1/2020), tanah longsor terjadi di tebing setinggi sekira 10 meter dan panjang sekira 30 meter.

Kepala Desa Botok, Trinato Santoso mengatakan, ada satu ruko di bagian selatan yang terancam karena adanya tanah longsor.

BPBD Kabupaten Karanganyar dan kepolisian pun telah datang ke lokasi keesokan harinya, Selasa (7/1/2020) untuk pengecekan.

Dia berkata, jumlah ruko milik BUMDes itu ada delapan unit.

Awalnya ada sekira enam ima unit yang dikontrak atau digunakan.

Tetapi kini tersisa tiga ruko saja karena pihak penyewa khawatir jika suatu ketika menjadi korban longsor.

"Untuk antisipasi, 3 keluarga yang tinggal di ruko tersebut sudah diminta pindah ke sisi utara."

"Itu bila pada malam hari, ketika beristirahat, terlebih saat hujan deras. Kami juga sudah minta untuk tetap siaga," katanya.

Dijelaskannya, terkait kerusakan tersebut, pihaknya sudah menyampaikan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Karanganyar.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Karanganyar, Hartoko mengungkapkan, pasca kejadian pihaknya telah meninjau lokasi tanah longsor.

Warga yang tinggal di ruko tersebut disarankan untuk mengosongkan bangunan tersebut.

"Kami menyarankan untuk mengosongkan. Dikhawatirkan terjadi longsor susulan," ujarnya. (Agus Iswadi)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved