Breaking News:

Video Ganjar Pranowo Tinjau Early Warning System

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melakukan peninjauan ke beberapa daerah di Jawa Tengah salah satunya Desa Dermasuci

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: abduh imanulhaq

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Berikut ini Video Ganjar Pranowo Tinjau Early Warning System.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melakukan peninjauan ke beberapa daerah di Jawa Tengah salah satunya Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Selasa (7/1).

Dalam kunjungannya, Ganjar sekaligus meninjau hasil pemasangan Early Warning System (EWS), alat untuk mengantisipasi bencana tanah longsor mengingat cuaca saat ini masih didominasi hujan.

"Alat EWS ini setelah saya cek tadi hasilnya bagus, dan saya senang. Jadi di Desa Dermasuci, Kab. Tegal ini kami pasang alat pendeteksi dini kemungkinan terjadinya longsor," kata Ganjar, pada Tribunjateng.com, Selasa (7/1).

Dijelaskan, daerah yang dipilih untuk dipasang alat EWS ini merupakan daerah yang relatif rawan longsor.

Nantinya ketika ada pergeseran tanah sekitar 10cm, alat tersebut akan bunyi sebagai peringatan dini bagi warga sekitar.

"Longsor itu pergerakannya cepat, maka ketika pergerakan cepat otomatis tali tertarik dan tiba-tiba akan menghasilkan bunyi artinya itu terjadi longsor.

Masyarakat harus tau itu bunyi apa, sehingga harus lebih sering disosialisasikan supaya familiar dengan suaranya," tegas Ganjar.

Bagaimana masyarakat memahami dimana jalur evakuasi?

Menurut Ganjar caranya hanya satu, yaitu dengan mengadakan pelatihan atau memberikan edukasi kepada masyarakat. Sehingga ketika terjadi bencana tidak perlu bingung harus mengamankan diri kemana.

"Jalur evakualinya adalah dari rumah langsung ke masjid yang tempatnya lebih lapang. Hal ini bisa diketahui hanya dengan cara latihan, harapannya alat tersebut bisa mencegah kemungkinan terjadi korban yang lebih banyak," harapnya.

Hadir mendampingi Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Bupati Tegal, Umi Azizah mengatakan, kedepan setelah ada alat EWS ini, ketika alat berbunyi masyarakat diharapkan sudah lebih siap dan memahami.

Sehingga sudah mempersiapkan segala sesuatu yang perlu diamankan seperti berkas-berkas penting, dan lain sebagainya.

"Simulasi sudah diagendakan, insyaallah kedepan tidak hanya di Desa Dermasuci saja yang akan dipasang alat ini, tapi di titik yang rawan longsor juga akan dipasang. Di antaranya daerah Sokatengah, Kec. Bumijawa, dukuh carus, dan dukuh benda," tandasnya. (dta)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved