Fenomena Puluhan Tanah Ambles Sinkhole di Gunungkidul Yogya, Pertanda Gempa Besar? Ini Jawaban LIPI

Fenomena Puluhan Tanah Ambles Sinkhole di Gunungkidul Yogya, Pertanda Gempa Besar? Ini Jawaban LIPI

Fenomena Puluhan Tanah Ambles Sinkhole di Gunungkidul Yogya, Pertanda Gempa Besar? Ini Jawaban LIPI
TRIBUNJOGJA.COM / Wisang Seto Pangaribowo
Kepala Dusun Tleseh Tariyo dan Babinkamtibmas Eko prasetyo menunjukkan lokasi Sinkhole, dan berpotensi membesar lantaran di sekitarnya tanah telah mengalami keretakan, Selasa (7/1/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, GUNUNGKIDUL - Dari tahun 2017 hingga 2020 total ada 34 sinkhole terjadi di Kabupaten Gunungkidul.

Fenomena Sinkhole atau tanah ambles di Kabupaten Gunungkidul bertambah.

Pada tahun 2020 kali ini sudah ada dua fenomena sinkhole yang terjadi yaitu di daerah Kecamatan Girisubo tepatnya di Dusun Karangawen, Desa Karangawen, Kecamatan Girisubo dan satu lagi di Dusun Tlaseh, Desa Karangawen, Kecamatan Girisubo.

Kepala Dusun Desa Tlaseh, Tariyo mengatakan, sinkhole atau tanah ambles terjadi pada Minggu malam dan baru dilaporkan kepada pihak kepolisian pada Senin siang (6/1/2020).

"Kalau tepatnya tegalan ini berada di Tegalan Balong Dusun Tlaseh, Desa Karangawen, Kecamatan Girisubo. Senin pagi saya mendapatkan laporan dan siangnya saya laporkan ke Babinkamtibmas lalu dipasang Police Line agar masyarakat yang menggarap lahan tidak mendekat," ucapnya saat ditemui di lokasi, Selasa (7/1/2020).

Sambung Tariyo, sinkhole yang terjadi di wilayahnya memiliki ukuran yang cukup besar yaitu berdiameter sekitar 4 meter dan memiliki kedalaman kurang lebih 5 hingga 6 meter.

"Tadi malam hujan deras dan kemungkinan bisa bertambah lebar karena setelah hujan tadi malam di sekitar tanah ambles ada retakan-retakan yang kemungkinan jika hujan deras dapat kembali ambles," ujarnya.

Ia mengungkapkan di wilayahnya sudah ada dua kejadian sinkhole yaitu pada tahun 2017 saat itu terjadi Badai Cempaka dan satu lagi pada tahun 2020.

"Ada dua kali kejadian yang satu pada tahun 2017 dengan diameter kurang lebih satu meter pada tahun 2017 di sini terjadi banjir dan lubang berdiameter 1 meteran tadi sebagai jalur air sehingga satu RT banjirnya cepat surut," ungkapnya.

Ia menuturkan, di lokasi sinkhole pada tahun 2020 kali ini berdekatan dengan luweng (goa kecil) yang berjarak kurang lebih 250 meter dari lokasi sinkhole.

Halaman
1234
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved