Tingkatkan Kualitas Layanan, XL Axiata Masif Lakukan Fiberisasi Seluruh Wilayah Indonesia

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) secara masif telah membangun jaringan fiber untuk meningkatkan kualitas layanan.

tribunjateng/rifqi gozali
Head of Sales Area Surakarta, Semarang & Kudus XL Axiata Heriantoni (kiri), Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih (kanan) pada Media Update XL Axiata Central Region Surakarta. 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) secara masif telah membangun jaringan fiber untuk meningkatkan kualitas layanan.

Fiberisasi jaringan ini merupakan satu di antara langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G yang mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah.

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan, satu di antara upaya untuk meningkatkan kualitas layanan adalah melalui proses fiberisasi yang telah terlaksana di sebagian besar wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Ika Kaget Mobil Innova Reborn Milik Suaminya Raib di Halaman Rumah

Inilah Sosok Calon Istri Sule Bukan Kalangan Artis, Berikut 6 Faktanya

Tanda Kiamatkah? Nenek Diperkosa Cucu Sendiri Sampai Berdarah, Alasan Pelaku Bikin Geleng-geleng

Sempat Pacaran, Ihsan Tarore Ungkap Alasan Tak Jadi Menikah dengan Denada

Secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber, termasuk melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS, misalnya dengan mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber.

Fiberisasi jaringan ini merupakan satu di antara langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G yang mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah.

Keunggulan teknologi ini hanya bisa didapatkan jika site atau BTS terkoneksi dengan fiber.

"XL Axiata telah melaksanakan program ini secara massif di seluruh wilayah Indonesia dalam 3 tahun terakhir," kata Tri Wahyuningsih, Jumat (17/1/2020).

Hingga saat ini, fiberisasi jaringan XL Axiata sudah terlaksana di semua ibu kota provinsi dan kota-kota besar di Jawa, Madura, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok, terutama di kota atau area yang memang secara pertumbuhan data sudah memerlukan jaringan fiber.

Hingga akhir tahun 2019 sekitar 50 persen BTS sudah terhubung dengan jaringan fiber, dan akan terus ditingkatkan menjadi sekitar 60 sampai 70 persen pada akhir 2020. Percepatan fiberisasi kini sedang dilakukan di wilayah luar Jawa mengingat pertumbuhan trafik data yang sangat pesat dalam setahun terakhir.

Di wilayah Jawa Tengah, fiberisasi jaringan telah terlaksana di hampir semua area, baik kota-kota besar misalnya Semarang, Surakarta, Tegal, Pekalongan, dan Purwokerto, hingga kota sedang misalnya Kudus, Jepara, Magelang, Salatiga, Purworejo, Kebumen, dan Cilacap.

Halaman
12
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved