Breaking News:

Rehabilitasi Lahan Pegunungan Kritis, Bupati Brebes Tanam Pohon Macadamia di Sirampog

Berbagai kegiatan digelar dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-342 Kabupaten Brebes.

ISTIMEWA
Bupati Brebes, Idza Priyanti melakukan penanaman bibit pohon Macadamia di Desa Igirklanceng Kecamatan Sirampog, Brebes, kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Berbagai kegiatan digelar dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-342 Kabupaten Brebes.

Di antaranya jalan sehat dan penanaman bibit pohon Macadamia di Desa Igirklanceng Kecamatan Sirampog, Brebes, kemarin.

Dipilihnya Macadamia sebagai upaya pemerintah mengantisipasi banjir dan tanah longsor di pegunungan. Selain itu, Macadamia juga memiliki nilai ekologis dan ekonomi tinggi melalui buahnya yang disebut kacang macadamia.

"Karena itu, kami mengajak anak-anak untuk mencintai, merawat dan menjaga alam melalui penanaman bibit pohon yang nantinya akan bermanfaat untuk anak cucu," kata Bupati Brebes, Idza Priyanti, dalam rilisnya, Rabu (22/1/2020).

Idza mengatakan, penanaman tersebut dilakukan di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Ada 4.000 bibit pohon ditanam di antara sayuran milik warga setempat. Upaya tersebut justru akan menguntungkan petani sekitar.

"Aksi ini sebagai tanggungjawab pemerintah dan masyarakat merehabilitasi lahan dan hutan sekitar yang sudah kritis. Apalagi nilai ekonomis tanaman kacang Macadamia bagus dengan per kilogramnya mencapai Rp 300 ribu," jelasnya.

Idza menghimbau, agar warga sekitar perlu mengombinasikan tanaman Macadamia minimal 100 pohon untuk tiap hektarnya. Cara tersebut sebagai upaya melestarikan alam yang dapat meminimalisir terjadinya bencana alam, baik longsor maupun banjir.

Untuk itu dengan bertambahnya penduduk dan perubahan iklim yang sulit diprediksi, maka pelestarian alam harus dilakukan. Supaya tidak mengakibatkan bencana bagi manusia.

"Semoga, setelah tanaman jadi besar, dapat mencegah banjir lumpur yang tahun lalu terjadi," bebernya.

Ketua panitia Peringatan Hari Jadi ke-342, Tatag Koes Adianto menjelaskan, setelah penamanam bibit pohon Macadamia dilanjutkan dengan jalan sehat melewati jalan desa menempuh jarak sekitar 1 kilomoter.

"Setelah finish peserta berhak mendapatkan hadiah bagi yang beruntung. Hadiah, diantaranya TV, kulkas, sepeda, serta sepeda motor," katanya.

Jalan sehat dan penanaman pohon tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Brebes Narjo, Sekda Brebes Djoko Gunawan, para kepala SKPD, serta anak-anak dari berbagai sekolah di Kecamatan Sirampog, Paguyangan dan sekitarnya. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved