Breaking News:

Satu Rumah Terdampak Longsor di Ngargoyoso Karanganyar Berpotensi Direlokasi

Satu rumah warga terdampak tanah longsor di Dusun Dederan RT2/5 Desa Nglegok Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar berpotensi direlokasi.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: galih permadi
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Kondisi tanah longsor di Dusun Dederan RT2/5 Desa Nglegok Kecamatan Ngargoyoso Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Satu rumah warga terdampak tanah longsor di Dusun Dederan RT2/5 Desa Nglegok Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar berpotensi direlokasi.

Perlu diketahui, akibat tanah longsor di wilayah tersebut terdapat sembilan jiwa dari dua keluarga yang hingga kini masih mengungsi sementara di gudang kosong milik warga.

Letak gudang kosong itu tidak jauh dari rumah mereka yang terdampak longsor pada akhir Desember 2019 lalu. Dua keluarga yang tinggal sementara di tempat itu ialah keluarga Warso (42) dan Nur Muhammad Kolif (39).

Hina Risma Walikota Surabaya, Pemilik Akun Facebook Zikria Dzatil Dilaporkan ke Polisi

Ngebet Pulang, Pembantu Ini Sengaja Celupkan Tangan Bayi Majikan ke Air Mendidih, Aksi Terekam CCTV

Ternyata Nasri Banks Sang Grand Prime Minister Sunda Empire Sering Ditagih Uang Sewa Rumah Kontrakan

Ini Daftar Nama Terbaru 27 Pemain Persib Bandung di Liga 1 2020, Ada 3 Pemain Baru

Diberitakan Tribunjateng.com sebelumnya, anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung telah melakukan pengecekan tanah di tiga lokasi yang timbul pergerakan tanah.

Tiga lokasi tersebut ialah Dusun Dederan Desa Nglegok dan Dusun Potrojalu Desa Girimulyo Kecamatan Ngargoyoso dan Dusun Guntur Desa Menjing Kecamatan Jenawi.

Penyelidik Bumi Muda PVMBG, Yunara Dasa Triana mengatakan, dari tiga lokasi tersebut apabila dilihat dari dampaknya, longsor di Dusun Dederan Desa Nglegok memang yang paling parah.

Pasalnya bagian rumah milik Nur Muhammad Kolif mengalami kerusakan pada bagian dapur. Selain itu juga terdapat retakan baru di sisi barat rumah tersebut.

"Kemungkinan besar kalau relokasi, ya yang itu (rumah milik Nur Muhammad Kolif)," katanya kepada Tribunjateng.com saat melakukan pengecekan tanah pada Kamis (23/1/2020) lalu.

Dikatakannya, hasil pengecekan tanah yang dilakukan di tiga lokasi tersebut nantinya akan disampaikan kepada Pemkab Karanganyar terlebih dahulu untuk tindakan selanjutnya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan, Pemkab Karanganyar melalui BPBD sudah melakukan pendekatan kepada keluarga yang terdampak untuk upaya relokasi.

"Sudah saya perintahkan BPBD Karanganyar untuk melakukan pendekatan. Kalau tidak bisa dilakukan relokasi mandiri, ya relokasi yang dilakukan pemerintah. Tetap akan kita bantu," ujarnya saat ditemui wartawan, Jumat (24/1/2020). (Ais).

Artis FTV Faye Nicole Jones Diperiksa KPK Terkait Hubungannya dengan Tubagus Chaeri Wardana Wawan

Tak Mampu Beli Semir Rambut dan Rokok, Iqbal Curi Motor Vario Milik Karyawan Minimarket di Semarang

Polda Jateng Tangkap 7 Anggota Perguruan Silat Terlibat Kasus Pengeroyokan di Sukoharjo, 2 Anak-anak

Ini Pernyataan Resmi Kemenkes Soal Jumlah Pasien Positif Virus Corona di Indonesia

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved