Breaking News:

Video Bendung Glasing Siberuk Batang Jebol

Setelah memastikan dan mengecek lokasi, Wihaji pun meminta Dinas PUPR Kabupaten Batang untuk segera melakukan perbaikan.

Penulis: dina indriani | Editor: abduh imanulhaq

TRIBUNJATENG.COM, BATANG -  Berikut ini Video bendung glasing siberuk Batang jebol

Hujan yang terus mengguyur Kabupaten Batang pada akhir pekan lalu mengakibatkan Bendung Glasing jebol.

Jebolnya bendungan tersebut membuat ratusan hektare sawah di tiga desa, Kecamatan Tulis tidak teraliri air dan terancam puso.

"Kami dapat laporan dari warga, Bendung Glasing ambles dan sawah di tiga desa sebanyak 146 hektare tidak teraliri irigasi."

"Akibatnya petani bisa terancam puso," tutur Bupati Wihaji seusai mengecek lokasi, Kamis (30/1/2020).

Setelah memastikan dan mengecek lokasi, Wihaji pun meminta Dinas PUPR Kabupaten Batang untuk segera melakukan perbaikan.

"Kami cek memang cukup parah kerusakannya. Jadi kami ada perbaikan secepatnya," ujarnya.

Wihaji juga berharap masyarakat sekitar ikut membantu melalui program kerja bakti agar Bendung Glesing bisa bermanfaat kembali.

"Karena kalau masyarakat membantu pengerjaan akan cepat selesai dan kemanfaatannya bisa berfungsi seperti semula," imbuhnya.

Kabid Pengairan DPUPR Kabupaten Batang, Farida Ariyani mengatakan, amblasnya bendung tersebut selain dikarenakan debit air tinggi dan derasnya air sungai, juga terdapat faktor lainnya. 

"Banjirnya memang deras tapi juga ini akibat eksploitasi pertambangan galian C di dekat bendung yang jaraknya 20 meter," jelasnya.

Dijelaskannya, Bendung Glasing di Desa Siberuk selama ini berfungsi mengairi area sawah Desa Kaliboyo, Simbangdesa, dan Kaliboyo.

"Bendung Glasing memang satu jaringan. Tapi ada saluran untuk tiga lokasi yakni saluran irigasi sekundernya Cempoko dan Susukan untuk irigasi primer Glasing," pungkasnya. (Dina Indriani)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved