DPRD Kabupaten Pekalongan

Komisi A DPRD Kabupaten Pekalongan Awasi Kuncuran Dana Desa Dari Pusat

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pekalongan Dodi Prasetyo mengatakan dewan akan terus mengawasi dan memantau realisasi, kuncuran dana desa.

IST
Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pekalongan Dodi Prasetyo mengatakan dewan akan terus mengawasi dan memantau realisasi, kuncuran dana desa. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pekalongan mengawasi kuncuran anggaran dana desa dari pemerintah pusat ke wilayah Kabupaten Pekalongan.

Anggaran yang turun ke desa dinilai perlu mendapatkan pengawasan intensif karena rawan penyelewengan penggunaan.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pekalongan Dodi Prasetyo mengatakan dewan akan terus mengawasi dan memantau realisasi, kuncuran dana desa.

Setidaknya, pengelolaan dana desa tersebut harus sejalan dengan peruntukan sesuai instruksi dari pusat.

"Prioritas penggunaan dana desa itu harus mendahulukan kepentingan desa yang lebih mendesak."

"Lalu, anggaran dana desa lebih ditertibkan pada pembangunan fisik. Makanya perlu adanya pengawasan kita bersama agar pembangunan di desa jangan sampai melenceng dari perencanaan," kata Dodi kepada Tribunjateng.com, Rabu (29/1/2020).

Terkait pelaksanaan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa yang secara spesifik yang berkaitan dengan dana desa, Dodi mengungkapkan pembangunan dari pinggiran desa merupakan hal pioritas.

"Penggunaan dana desa berdasarkan aturan yang berlaku dan hanya boleh digunakan untuk pembangunan desa serta pemberdayaan masyarakat desa," ungkapnya.

Dodi berharap Pemerintah Kabupaten Pekalongan selaku pihak eksekutif untuk terus mendorong pembangunan desa menjadi desa yang lebih maju, terlebih bisa mandiri.

"Untuk dapat mengubah desa yang tertinggal menjadi desa maju dan yang maju menjadi mandiri, perlu menitikberatkan pola pembangunan dengan mengutamakan potensi lokal, termasuk pembangunan yang bertumpu pada kawasan pedesaan dengan memaksimalkan penggunaan dana desa," tambahnya. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved