Breaking News:

Berita Salatiga

DPRD Salatiga Minta OPD Perhatikan Perawatan Alun-alun Pancasila

Ketua DPRD Kota Salatiga Dance Ishak Palit mengatakan pembangunan Alun-alun Pancasila mendapat sambutan positif dari masyarakat. 

Penulis: M Nafiul Haris | Editor: m nur huda
TRIBUNJATENG.COM/M NAFIUL HARIS
Pengendara motor melewati Alun-alun Pancasila Kota Salatiga, Senin (10/2/2020).  

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - DPRD Kota Salatiga meminta organisasi perangkat daerah (OPD) yang bertanggungjawab dalam proyek pembangunan Alun-alun Pancasila agar memikirkan anggaran perawatan pasca berakhirnya pemeliharaan rekanan.

Ketua DPRD Kota Salatiga Dance Ishak Palit mengatakan pembangunan Alun-alun Pancasila mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Karenanya pemeliharaan kedepan harus dipikirkan OPD terkait sedari sekarang.

"Lapangan Pancasila yang sekarang berubah nama menjadi alun-alun telah menjadi ikon Salatiga. Karena itu perlunya dipersiapkan perawatan seperti apa, anggaran berapa oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sebagai penanggungjawab," terangnya kepada Tribunjateng.com, Senin (10/2/2020)

Menurut Dance, selain memikirkan perawatan hendaknya pula apabila berpeluang dikembangkan seperti penambahan sejumlah fasilitas sesuai peminatan masyarakat DPRD sangat mendukung.

Ia menambahkan, meskipun telah ada dinas tertentu yang fokus melakukan pemeliharaan masyarakat Kota Salatiga juga diminta turut berpartisipasi dengan tindak melakukan tindakan vandalisme.

"Tapi kesadaran masyarakat lebih penting. Kami ajak masyarakat turut merawat keindahan Alun-alun Pancasila misalnya tidak membuang sampah sembarangan," katanya

Pihaknya menyatakan, dana pemeliharaan berapapun besarannya tidak akan berarti jika partisipasi masyarakat rendah. Karenanya warga Salatiga jangan hanya menjadi pemakai atau penikmat tetapi juga harus mempunyai rasa memiliki.

Kepala DLH Kota Salatiga Prasetyo Ichtiarto mengungkapkan, sementara pemelihataan Alun-alun Pancasila masih dalam jaminan rekanan selama 6 bulan kedepan.

"Sekarang status perawatan masih tanggungjawab rekanan PT Artadinata Azzahra Sejahtera sampai Juni 2020. Kemudian setelah itu akan kami anggarkan di perubahan APBD 2020," ujarnya

Prasetyo menjelaskan, sesuai rencana pada tahun pertama anggaran pemeliharaan Alun-alun Pancasila Salatiga berkisar Rp 300 juta meliputi biaya perawatan rumput, tenaga, mainan anak-anak, tempat sampah, lampu dan sebagainya.

"Anggaran itu akan kami tambah setiap tahunnya sesuai kebutuhan kedepan dilapangan. Apabila ada pengembangan dan seterusnya, sementara rencana kami maksimal Rp 300 juta," jelasnya (ris)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved