Breaking News:

Berita Pati

Siap Dirikan Mal Pelayanan Publik, Rombongan Pemkab Pati Studi ke Banyumas

Pemerintah Kabupaten Pati berencana mendirikan Mal Pelayanan Publik (MPP) agar memudahkan pelayanan bagi masyarakat.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: muh radlis
IST
Rombongan Pemkab Pati yang dipimpin Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengunjungi Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Banyumas, Rabu (12/2/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Pemerintah Kabupaten Pati berencana mendirikan Mal Pelayanan Publik (MPP) agar memudahkan pelayanan bagi masyarakat.

Terkait hal ini, Pemkab Pati mengadakan studi komparasi ke Kabupaten Banyumas yang telah lebih dulu meresmikan MPP pada Januari 2019 lalu.

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin memimpin rombongan yang terdiri atas Sekretaris Daerah Suharyono, para Kepala OPD, Kantor Imigrasi Pati, dan Bank Jateng dalam studi komparasi yang berlangsung hari ini, Rabu (12/2/2020).

Viral di Media Sosial Video Siswi SMP di Purworejo Dibully Tiga Siswa, Polisi Bentuk Tim Khusus

Siswi SMP Purworejo Dibully, Ganjar: Saya Telepon Kepala Sekolahnya, Besok Disdik Ambil Tindakan

Kronologi Kecelakaan Bus Sugeng Rahayu vs Truk di Madiun, Sopir Diduga Mengantuk

Tangis Remaja Perempuan WNI Eks ISIS di Suriah, Menangis Histeris Rindukan Suasana Damai Indonesia

Rombongan Pemkab Pati diterima oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono bersama Sekda Wahyu Budi Saptono.

Wabup Saiful Arifin mengatakan, Kabupaten Banyumas telah berhasil menggabungkan berbagai jenis pelayanan di satu tempat, sehingga memudahkan masyarakat dalam mendapat pelayanan publik, mulai dari kependudukan, perizinan, dokumen, hingga perpajakan.

"Kemudahan ini akan kita hadirkan di Kabupaten Pati, sehingga masyarakat lebih mudah untuk mengurus dokumen kependudukan, perizinan hingga pajak di satu tempat," ujar pria yang akrab disapa Safin ini, sebagaimana dalam rilis Subbag Dokumentasi dan Publikasi Sekretariat Daerah Kabupaten Pati.

Ia berharap, sepulang dari Kabupaten Banyumas, para Kepala OPD dan instansi yang ikut dalam kunjungan ini akan memiliki gambaran tentang bagaimana mewujudkan Mal Pelayanan Publik yang sesuai di Kabupaten Pati.

"Tentunya akan kita sesuaikan dengan kebutuhan di Kabupaten Pati. Adanya MPP ini bisa menjadikan pelayanan publik tersentral sehingga lebih efektif dan efisien, serta memangkas birokrasi," jelas dia.

Rombongan dari Kabupaten Pati juga berkesempatan melihat langsung Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyumas yang menjadi proyek percontohan MPP oleh Kemenpan-RB.

Di MPP Banyumas, ada tujuh instansi vertikal, yakni, Polres Banyumas, Kantor Imigrasi, BP3TKI Jateng, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Kantor Pelayanan Pajak, dan Bank Jateng. Kemudian, ada Gerai Jateng, dan 10 OPD Kabupaten yang memberi pelayanan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pati Suharyono mengatakan, studi komparasi ini akan segera ditindaklanjuti dengan mengumpulkan OPD terkait, juga instansi vertikal yang menangani pelayanan untuk mempersiapkan pendirian MPP di Kabupaten Pati.

"Adanya pendirian MPP diharapkan bisa memenuhi tuntutan masyarakat atas pelayanan yang mudah, cepat dan tidak berbelit dapat dilaksanakan di Kabupaten Pati," pungkasnya. (*)

Tak Dipengaruhi Virus Corona, Nilai Pabean Impor Barang dari Wuhan ke Jawa Tengah Justru Meningkat

DPRD Kota Semarang Minta Pelebaran Jalan Sriwijaya Tidak Molor, Mualim : Dikerjakan 24 Jam

Longsor Putus Akses Desa Rahtawu Kudus, Batu Besar dan Material Tanah Tutupi Jalan

Siti Rohmah Tenggelam di Sungai Sengkarang Pekalongan, Diduga Terpleset saat Mencuci Pakaian

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved