Sayembara Desain

Sayembara Desain Masjid Agung Jawa Tengah Kabupaten Magelang

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah mengadakan sayembara desain Masjid Agung Jawa Tengah di Kabupaten Magelang.

Sayembara Desain Masjid Agung Jawa Tengah Kabupaten Magelang
ist
Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah mengadakan sayembara desain Masjid Agung Jawa Tengah Kabupaten Magelang 

SESUAI dengan Perpres No. 79 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi di beberapa daerah salah satunya di Magelang, perlu dilakukan langkah-langkah strategis dengan arah pembangunan yang merata, fokus, dan dengan strategi yang tepat.

Dalam rangka memperoleh berbagai ide, gagasan desain melalui partisipasi masyarakat, khususnya yang berkecimpung di bidang arsitektur dalam mewujudkan Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah di Kab. Magelang, maka Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah akan mengadakan sayembara desain.

Diharapkan karya desain hasil sayembara ini mampu menghasilkan karya desain Masjid Agung Jawa Tengah yang mencerminkan masyarakat Jawa Tengah yang religius berkarakter baik dari aspek sosial, budaya, ekonomi, lingkungan, teknis, estetis, fungsional, dan sesuai syariat Islam.

Tujuan penyelenggaraan sayembara ini adalah:

1. Memperoleh desain skematik yang layak untuk dapat diimplementasikan dan dikembangkan menjadi Perencanaan Teknis

2. Mendapatkan konsep dan desain ideal Masjid Agung yang merepresentasikan Provinsi Jawa Tengah secara umum dan mengangkat kearifan lokal kawasan

Ide Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah di Kabupaten Magelang berawal dari visi Jawa Tengah dalam “Menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari” dengan salah satu misinya yaitu “Membangun masyarakat Jawa Tengah yang religius, toleran dan guyub untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Masjid ini diharapkan mampu merepresentasikan kondisi masyarakat Jawa Tengah yang berkarakter toleran dan multikultural.

Toleran artinya mampu menghormati terhadap perbedaan, multikultural dalam arti mampu menghormati agama dan budaya yang beragam.

Masjid ini diharapkan mampu memadukan ciri arsitektur yang Islami dengan nilai – nilai kearifan lokal Jawa, ini sesuai dengan konsep Islam sebagai rahmatan lil ‘aalamiin.

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved